PENGARUH METODE MEMORY SKILLS TERHADAP PENINGKATAN DAYA INGAT SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XII DI SMA TAMAN SISWA MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasbiyati, Sri (2010) PENGARUH METODE MEMORY SKILLS TERHADAP PENINGKATAN DAYA INGAT SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XII DI SMA TAMAN SISWA MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), hal ini disebabkan pembelajaran PAI yang dilaksanakan di sekolah-sekolah masih berjalan secara konvensional yakni pembelajaran yang menerapkan guru sebagai pemberi informasi, guru kurang memberikan ruang pada siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran, dimana siswa dapat berperan aktif dan lebih terampil dalam segala bidang. Oleh karena itu, tuntutan terhadap dunia pendidikan untuk memberikan ruang kepada siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat berperan aktif dan dapat berfikir kreatif.
Salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk mengatasi hal tersebut yakni untuk meningkatkan daya ingat siswa adalah dengan menerapkan metode memory skills (menghafal cepat). Metode ini merupakan salah satu metode yang pelaksanaannya setiap siswa dapat membuat kata-kata yang menarik dalam menghafal materi yang disampaikan oleh guru.
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan metode memory skills, 2) bagaimana daya ingat siswa dengan menggunakan metode memory skills, 3) adakah pengaruh penerapan metode memory skills terhadap peningkatan daya ingat siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Taman Siswa Mojokerto yang terdiri dari tujuh kelas, dalam penelitian ini diambil secara acak(random), dan hasil yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII IPA III
Penelitian ini dilakukan di SMA Taman Siswa Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif serta menggunakan rancangan onegroup design, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test, interview, dokumentasi, angket. Analisa data yang digunakan adalah analisa statistik untuk menganalisa data kuantitatif dan analisa non statistik yang digunakan untuk menganalisa data kualitatif.
Berdasarkan analisa data yang diperoleh: penerapan metode memory skills adalah tergolong baik yaitu 83%. Hasil analisis daya ingat siswa dengan metode memory skills tergolong baik yaitu dengan nilai 90%. Dan berdasarkan hasil analisis data statistik dengan perhitungan uji t pada taraf signifikan 5% di peroleh t0 sebesar 7,56 dan tt sebesar 2,04 berarti t0 tt. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan metode memory skills terhadap peningkatan daya ingat siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XII di SMA Taman Siswa Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Tajuddin Thalabi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasbiyati, SriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: Memory Skills; Daya Ingat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 12 Feb 2015 08:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8235

Actions (login required)

View Item View Item