Kurikulum Berbasis Kompetensi dan relevansinya dengan pendidikan menurut pemikiran Al-Ghozali

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chayati, Siti Nur (2010) Kurikulum Berbasis Kompetensi dan relevansinya dengan pendidikan menurut pemikiran Al-Ghozali. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Chayati_D01205167.pdf

Download (720kB)

Abstract

Kurikulum Berbasis Kompetensi adalah kurikulum yang menekankan pada pengembangan kompetensi peserta didik. Dalam hal ini guru harus mampu membuktikan keprofesionalnnya dalam menghantarkan peserta didik mencapai keberhasilan. Guru harus menggunakan berbagai pendekatan dan metode yang bervariasi, untuk menerapkannya ternyata mengalami masalah-masalah yang harus di cari jalan keluarnya. Masalah yang timbul tidak hanya pada guru tetapi juga pada peserta didik. Dalam konsep Kurikulum Berbasis Kompetensi ini ada relevansinya dengan konsep menurut pemikiran pendidikan Al-Ghozali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansinya antara konsep kurikulum berbasis kompetensi dengan konsep pemikiran pendidikan Al-Ghazali, untuk mengetahui dan memahami apakah konsep Kurikulum Berbasis Kompetensi yang di berlakukan oleh pemerintah sekarang ini memiliki konsep dasar yang sama dengan konsep pemikiran pendidikan Al-Ghazali dan untuk memberikan jalan keluar (kontribusi) dalam menyelesaikan masalah-masalah yang sedang dihadapi khususnya dalam implementasi konsep Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam proses pendidikan sekarang ini
Adapun pokok-pokok pemikiran yang mengkaji tentang beberapa hal diatas adalah sebagai berikut: tujuan pendidikan Al-Ghozali adalah membentuk manusia yang sempurna(insan kamil) yang terinci sebagai berikut: mendekatkan diri kepada Allah SWT, menggali dan mengembangkan profesionalisasi manusia untuk mengemban tugas keduniaan dengan sebaik-baiknya. Membentuk manusia yang berakhlak mulia, suci jiwanya dari kerendahan budi dan sifat-sifat tercela mengemban sifat-sifat manausia yang utama sehingga menjadi manusia yang manusiawi, metode pendidikan Al-Ghozali adalah metode bernuasa tradisionalceramah dan uswah hasanah selanjutnya materi Al-Ghozali merupakan segala bentuk ajaran yanag terkandung dalam agama Islam Penelitian ini adalah jenis penelitian diskriptif kuallitatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan konsep pemikiran pendidikan Al-Ghazali dapat di temukan relevansinya. Secara operasional kedua konsep tersebut dapat di aplikasikan dan dijadikan alternatif bahan acuan bagi lembaga pendidikan baik yang tercakup dalam lingkup Departemen Pendidikan Nasional atau Departemen Agama di masa sekarang ini

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chayati, Siti NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Biografi
Pendidikan > Kurikulum
Uncontrolled Keywords: kurikulum; Al-Ghazali
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 11 Jun 2019 07:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8231

Actions (login required)

View Item View Item