Aplikasi yel-yel motivasi sebagai strategi Reenforcement dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solikan, Solikan (2010) Aplikasi yel-yel motivasi sebagai strategi Reenforcement dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Solikan_D01205162.pdf

Download (811kB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi yang berjudul Aplikasi Yel-Yel Motivasi Sebagai Strategi Reenforcement dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Siswa di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Dengan fokus masalah yaitu: Bagaimanakah yel-yel motivasi sebagai strategi reenforcement? Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa? Dan Bagaimanakah aplikasi yel-yel motivasi sebagai strategi reinforcement dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo? Berkaitan dengan fokus masalah tersebut, penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian diskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah informan dan sumber tertulis. Tehnik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga tahap, menentukan masalah penelitian, pengumpulan data (dokumentasi) dan analisis data. Dalam penelitian disimpulkan bahwa konsep penerapan yel-yel motivasi dalam pembelajaran di SMAMDA 2 diterapkan didalam semua mata pelajaran baik umum ataupun agama. Yel-yel ini sangat kerap kali di terapkan dengan berbagai bentuk yel yang telah disepakati sebelumnya. Yel-yel motivasi ini bermacam-macam bentuknya karena penting sekali untuk menarik perhatian para siswa SMAMDA 2. Setiap guru dan setiap pelajaran mempunyai yel tersendiri yang mempunyai ciri khas yaitu di masuki kalimah toyibah seperti Alhamdulillah, Allahu Akbar, subhannallah dan lain-lain.
Dan saran penulis terhadap sekolah yang penulis teliti yaitu: Kata-kata bapak ibu guru kenyataannya masih lebih banyak diikuti oleh para siswa ketimbang kata-kata orang tuanya. Seseorang siswa yang tidak mau mengikuti perintah orang tuanya untuk mencukur rambut, ternyata malah mengikuti bapak ibu gurunya yang memerintahkan dengan tanpa reserve. Itulah sebabnya, maka ucapan bapak dan ibu gurunya boleh jadi menjadi pegangan bagi para siswa. Itulah sebabnya, gunakan momentum apa pun dalam proses pembelajaran untuk memberikan penguatan serta motivasi kepada para siswa. Ucapan penguatan serta motivasi ini insya Allah akan menjadi doa mujarab bagi para siswa

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solikan, SolikanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Uncontrolled Keywords: Yel-Yel Motivasi; Reenforcement
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 05 Jul 2019 03:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8230

Actions (login required)

View Item View Item