Pengaruh model pembelajaran Independent Learning (IL) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 01 Babat Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naharoh, Futihatun (2010) Pengaruh model pembelajaran Independent Learning (IL) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 01 Babat Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Futihatun Naharoh_D01205155.pdf

Download (744kB)

Abstract

Pada saat ini proses pembelajaran menuntut siswa yang lebih aktif dibandingkan guru. Siswa harus mengkonstruk pengetahuan mereka sendiri, mengutamakan pengalaman-pengalaman yang mereka miliki atau pengetahuan baru yang berhubungan dengan materi pelajaran. Maka diadakan strategi pembelajaran yang nantinya dalam penggunaannya diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PAI. Karena penulis tertarik untuk meneliti bagaimana pengaruh model pembelajaran Independent Learning (IL) terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di sekolah tersebut. Dari latar belakang dapat dirumuskan: pertama, bagaimana model pembelajaran Independent Learning (IL) pada bidang studi PAI di SMA Muhammadiyah 1 Babat Lamongan, kedua, bagaimana prestasi belajar siswa kelas X pada bidang studi PAI di SMA Muhammadiyah 1 Babat, ketiga, adakah pengaruh model pembelajaran Independent Learning (IL) terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas X pada bidang studi PAI di SMU Muhammadiyah 1 Babat Lamongan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dimana analisisnya menggunakan statistik. Dalam hal ini teknik analisis data menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Independent Learning (IL) terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas X pada bidang studi PAI di SMA Muhammadiyah 1 Babat Lamongan, peneliti menggunakan rumus product moment. Setelah penelitian dilakukan dan menganalisis data-data prestasi belajar siswa dalam bidang studi PAI, dapat disimpulkan bahwa: pertama, bahwasannya model pembelajaran prestasi belajar siswa kelas X pada bidang studi PAI di SMA Muhammadiyah 1 Babat Lamongan kelas X pada bidang studi PAI di SMA Muhammadiyah 1 Babat sangat baik diterapkan karena siswa bisa lebih mandiri dalam belajar, tidak hanya mengandalkan guru saja. Kedua, prestasi belajar siswa kelas X pada bidang studi PAI di SMA Muhammadiyah 1 Babat Lamongan juga sangat baik, karena dilihat dari nilai rata-rata para siswa adalah 8. ketiga, hasil data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Independent Learning (IL) berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas X bidang studi PAI di SMA Muhammadiyah 1 Babat Lamongan, karena rxy = 0,628 sedangkan rtabel = 0,408 ini berarti hipotesa yang berbunyi: ada pengaruh model pembelajaran Independent Learning (IL) terhadap peningkatan prestasi belajar siswa X pada bidang studi PAI di SMA Muhammadiyah 1 Babat Lamongan dapat diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naharoh, FutihatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Independent Learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 05 Jul 2019 03:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8227

Actions (login required)

View Item View Item