Efektivitas implementasi Penilaian Performance terhadap hasil belajar siswa bidang studi PAI di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Diniyah, Hidayatud (2010) Efektivitas implementasi Penilaian Performance terhadap hasil belajar siswa bidang studi PAI di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hidayatud Diniyah_D01205140.pdf

Download (1MB)

Abstract

Selama ini, proses pembelajaran Pendidikan agama Islam masih memberikan penekanan yang menonjol terhadap ranah kognitif siswa. Bentuk penilaian yang di lakukan masih dominan pada pemberian tes tertulis, sehingga ranah afektif dan psikomotorik masih cenderung terabaiakan. Jika dahulu evaluasi pembelajaran yang di terapkan hanya di tagih melalui ulangan harian dan ujian semester, maka untuk saat ini, penilaian dilaksanakan mulai dari awal proses pembelajaran sampai dengan selesai. Dilihat dari judul penelitian yang penulis teliti yaitu Efektivitas Implementasi Penilaian Performance Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Study Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo maka penelitian ini yang dilaksanakan oleh peneliti disini merupakan penelitian kuantitatif yaitu suatu penelitian yang pada dasarnya menggunakan pendekatan deduktif-induktif. Pendekatan yang kedua dari suatu teori, gagasan para ahli atau pemahaman peneliti kemudian dikembangkan menjadi permasalahan beserta pemecahannya yang diajukan untuk memperoleh pembenaran dalam bentuk dukungan data empiris dilapangan dan juga memerlukan analisis statistic untuk mencapai kebenaran hipotesis.
Penelitian ini menggambarkan tentang efektivitas dari variabel bebas pada variabel terikat, sehingga pada akhirnya akan diketahui ada tidaknya efektivitasnya. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah rumusan masalah yang pertama yaitu tentang implementasi penilaian performance yaitu tergolong baik dalam artian penerapannya sempurna sesuai dengan yang diinginkan. Sedangkan dari hasil analisis rumusan masalah yang kedua yaitu tentang hasil belajar pada bidang studi Pendidikan Agama Islam tergolong dalam kriteria baik, dalam artian guru dan siswa berinteraksi dengan baik sesuai dengan tujuan yang direncanakan yaitu agar siswanya menjadi seorang yang berkepribadian baik sesama guru, orang tua dan sesama umat beragama dan pembelajarannya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dari kedua uraian diatas dapat diketahui kesimpulannya bahwa efektivitas implementasi penilaian performance terhadap hasil belajar siswa di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo adalah sangat efektif atau dapat dikategorikan baik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Diniyah, HidayatudUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Penilaian Performance; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 17 Jun 2019 07:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8225

Actions (login required)

View Item View Item