Analisis konsep pendidikan Islam dalam keluarga dan sekolah persepektif Zakiah Daradjat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanafi, Hanafi (2010) Analisis konsep pendidikan Islam dalam keluarga dan sekolah persepektif Zakiah Daradjat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanafi_D01205131.pdf

Download (735kB)

Abstract

Pembangunan Nasional dalam bidang pendidikan adalah upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia serta menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur dan beradab berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945. Pendidikan Islam yang sesungguhnya tidak hanya memperhatikan satu segi saja, seperti aqidah, ibadah, atau akhlak saja, melainkan mencakup seluruhnya, bahkan lebih luas dari semua itu. Dengan kata lain pendidikan Islam memiliki perhatian yang lebih luas dari tiga hal tersebut saja, karena baik pendidikan nasional maupun pendidikan Islam pada umumnya hanya memfokuskan pada satu aspek saja.melainkan mencakup semua dimensi manusia sebagai mana di tentukan oleh ajaran Islam Pendidikan Islam juga menjangkau kehidupan didunia dan kehidupan akhirat secara seimbang, selaian itu, pendidikan Islam juga memberikan perhatian pada semua aktifitas manusia, serta mengembangkan hubungan antara dirinya dengan orang lain. Pendidikan Islam juga berlangsung sepanjang hayat, mulai manusia sebagai janin dalam kandungan ibunya sampai berakhir hidup didunia ini.sehubungan dengan itu, kurikulum pendidikan Islam harus ditujukan untuk menghasilkan manusia yang memperoleh haknya didunia dan diakhirat nanti. Terdapat tiga lingkungan yang bertanggung jawab dalam mendidik anak. Ketiga lingkungan yang bertanggung jawab tersebut adalah keluarga (kedua orang tua), sekolah (para guru), dan masyarakat (tokoh masyarakat dan pemerintah) peran dan tanggung jawab dalam bidang pendidikan dari tiga lingkungan tersebut adalah keluarga memiliki tanggung jawab utama dan pertama dalam bidang pendidikan. Oleh sebab itu dalam penulisan skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah adalah metode penelitian deskriptif. Dengan menekan pada kekuatan analisis data pada sumber-sumber data yang ada, sehingga hasil penelitian tidak berupa angka-angka melainkan berupa interpretasi dan kata-kata. Sedangkan pengumpulan datannya dilakukan dengan menggunakan library researchdengan mengkaji buku:karangan Zakiah Daradjat pendidikan Islam dalam keluarga dan sekolah, Ilmu pendidikan Islam, Kesehatan mental, Metodologi pengajaran agama Islam, dan Metodik khusus pengajaran agama Islam, sebagai data primernya. Serat buku-buku pendidikan yang ada relevansinya dengan obyek penelitian ini, yang dijadikan data sekunder. Kemudian data-data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode-metode analisis deskriptip yaitu dengan mengumpulkan dan menyusun data untuk menarik kesimpulan dari karakteristik pesan yang tergambar dalam data yang dilakukan secara obyektif dan sistematis.
Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahsanya konsep pendidikan dalam keluarga dan sekolah dapat dikembangkan dalan lingkungan keluarga dan sekolah serta hasil dari pendidikan itu dapat diaplikasikan dalam kehidupan mereka. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih pemikiran pendidikan yang dsapat dijadikan referensi dalam mengembangkan pendidikan islam yang lebih komperhensif, sselain itu hasil penelitian ini belum bisa dikatakan final, maka dari itu diharapkan terdapat penelitian lebih lanjut yang mengkaji ulang hasil penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanafi, HanafiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Keluarga > Keluarga Islam
Keluarga
Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Biografi
Uncontrolled Keywords: Konsep Penidikan Islam; Zakiah Darajat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 03 Jul 2019 06:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8223

Actions (login required)

View Item View Item