EFEKTIFITAS STRATEGI TEKA TEKI SILANG (TTS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VII DI SMP ISLAM DARUSSALAM SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istifaiyah, Istifaiyah (2010) EFEKTIFITAS STRATEGI TEKA TEKI SILANG (TTS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VII DI SMP ISLAM DARUSSALAM SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Perkembangan yang ada di dunia pendidikan sekarang ini menghendaki suatu pembelajaran dengan pengaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang bertujuan siswa mencari pengetahuan baru dengan sendirinya. Ini dinilai dapat menunjang keberhasilan siswa. Atas dasar ini guru dituntut untuk mampu menggunakan strategi pembelajaran yang baru dalam pembelajaran, tak terkecuali pada mata pelajaran SKI. Pada umumnya para guru memakai strategi hanya pada waktu kegiatan inti pada berlangsungnya pembelajaran. strategi juga diperlukan pada waktu peninjauan ulang karena dengan strategi yang menyenangkan dapat membuat siswa mengingat dengan baik dan diharapkan dengan ingatan yang baik siswa paham. Salah satu strategi peninjauan langsung yang menyenangkan adalah strategi TTS. Strategi TTS adalah strategi yang membantu memperkuat istilah-istilah yang telah dipelajari oleh siswa, strategi ini menggunakan format permainan TTS.
Untuk memfokuskan penelitian skripsi ini, maka peneliti merumuskan beberapa rumusan masalah yang berhubungan dengan variabel dalam judul untuk dijawab melalui rangkaian penelitian. Pertama, tentang bagaimana penggunaan strategi TTS dalam proses pembelajaran SKI di SMP Islam Darussalam Surabaya. Kedua, tentang bagaimana hasil belajar SKI siswa kelas VII SMP Islam Darussalam Surabaya. Ketiga, tentang keefektifan penggunaan strategi TTS dalam meningkatkan keberhasilan belajar SKI siswa kelas VII di SMP Islam Darussalam Surabaya.
Untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen posttest-only control group, yang melibatkan dua kelompok di mana satu diantaranya diberikan perlakuan eksperimen. Pada desain ini subyek penelitian ditempatkan secara random ke dalam kelompok-kelompok dan yang diekspos sebagai variabel-independen diberi postes. Nilai-nilai postes dari kelompok-kelompok tersebut dibandingkan untuk menentukan keefektifan treatmen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah test, wawancara, observasi dan dokumentasi.
Setelah menganalisa data yang sudah ada, maka dperoleh kesimpulan bahwa penggunaan strategi teka teki silang efektif atau berpengaruh terhadap hasil belajar SKI siswa kelas VII SMP Islam Darussalam Surabaya. Hal tersebut dibuktikan melalui serangkaian uji t yang dilakukan, dimana hasil dari uji t menyatakan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar SKI siswa kelas VII yang menggunakan strategi teka teki silang dengan yang tidak menggunakan.
Hal ini dapat dilihat dari hasil akhir pada taraf signifikansi 5% dari derajat kebebasan 13, ternyata besar angka batas penolakan hipotesa nol yang ditujunjukkan dalam tabel nilai-nilai t (pada lampiran) adalah 2.160. kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai t yang telah diperoleh dalam penelitian sebesar 3.119 merupakan angka yang lebih besar dari t tabel.sehingga Hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Nur Hamim
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istifaiyah, IstifaiyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Teka Teki Silang; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 12 Feb 2015 07:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8218

Actions (login required)

View Item View Item