Pengaruh pemberian motivasi oleh Guru terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi Bahasa Arab di MTs Unggulan Ibnu Husain Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholifah, Kholifah (2010) Pengaruh pemberian motivasi oleh Guru terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi Bahasa Arab di MTs Unggulan Ibnu Husain Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kholifah_D51206398.pdf

Download (1MB)

Abstract

Guru merupakan faktor yang sangat dominan dan paling penting dalam pendidikan untuk mencapai tujuan pembelajaran di sekolah. Semakin tinggi kemampuan guru dalam pengajaran, maka diduga semakin tinggi pula hasil belajar yang dicapai oleh anak didik. Kemampuan guru dalam mengajar sebagai tujuan pendidikan merupakan indikator keberhasilan proses belajar mengajar siswa. Oleh karena itu, agar dalam melaksanakan tugasnya secara baik sesuai dengan profesi yang dimilikinya, guru perlu menguasai berbagai hal sebagai kompetensi yang dimilikinya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis merumuskan beberapa masalah sebagai berikut :Bagaimana pemberian motivasi oleh guru di MTs. Ibnu Husain, bagaimana prestasi belajar siswa dalam bidang studi bahasa Arab, adakah pengaruh pemberian motivasi oleh guru terhadap prestasi siswa dalam bidang studi bahasa Arab di MTs. Ibnu Husain. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu gejala tertentu. Teknik pengambilan data melalui angket, interview, dan dokumentasi. untuk menganalisis dan mengelola data yang diperoleh, penulis menggunakan tehnik deskriptif kuantitatif yang akan diolah dengan rumus statistik selanjutnya data akan diambil kesimpulannya Adapun rumus yang digunakan adalah : rumus Product moment. Dengan rancangan penelitian seperti yang dijelaskan, peneliti memperoleh hasil bahwa: Pertama motivasi guru di Madrasah Tsanawiyah Ibnu Husain rendah. Hal ini dibuktikan dengan penelitian angket yang menunjukkan bahwa nilai angket yang menunjukkan 21,6. Kedua prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Ibnu Husain dalam bidang studi bahasa Arab adalah nilai rata-ratanya 7,0. Hal ini terbukti dengan nilai 4,105. Ketiga tidak adanya pengaruh motivasi guru terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Ibnu Husain tahun 2009 – 2010. Hal ini dibuktikan dengan korelasi dari product moment yang agak rendah yaitu antara 0,400-0,500.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholifah, KholifahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Metode Pembelajaran
Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan > Prestasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 27 Jun 2019 08:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8204

Actions (login required)

View Item View Item