Pengaruh profesionalisme Guru Agama terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Kelurahan Simolawang Kecamatan Simokerto Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Radhatul (2010) Pengaruh profesionalisme Guru Agama terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Kelurahan Simolawang Kecamatan Simokerto Kota Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Radlatul Jannah_D51206382.pdf

Download (649kB)

Abstract

Profesionalisme adalah sebuah keahlian yang dimiliki oleh seseorang dalam bidang tertentu. Seorang tenaga pendidik yang profesional selain harus menguasai mata pelajaran yang akan diajarkan, juga harus menguasai metodologi pengajaran, idealisme, dan harus menunjukkan sikap dan perbuatan yang terpuji. Di sisi lain mengenai peranan guru sebagai pendidik profesional akhir-akhir ini mulai dipertanyakan eksistensinya secara fungsional. Hal ini antara lain disebabkan oleh munculnya serangkaian fenomena para lulusan pendidikan secara moral cenderung merosot dan secara akademik juga kurang siap untuk memasuki lapangan kerja.(Abuddin Nata, 2007:135-136) Dari uraian di atas, sehingga penulis dalam skripsi ini mengangkat permasalahan tentang bagaimana pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa di SMP YPP Nurul Huda Kelurahan Simolawang Kecamatan Simokerto Kota Surabaya. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dikuantitatifkan dengan menggunakan rumus Product Moment : Dari hasil kesimpulan penelitian ini adalah : 1) ada pengaruh Profesionalisme guru terhadap prestasi siswa Kelas VIII di SMP YPP Nurul Huda Sencaki Surabaya. Hal ini terbukti dengan hasil analisis yang menunjukkan rxy = 0,33 yang berada di antara nilai koefisien korelasi 0,227 . Adapun pengaruh yang ditimbulkan adanya Profesionalisme guru terhadap prestasi siswa di SMP YPP Nurul Huda Sencaki Surabaya memiliki kategori 0,33. Hal ini berdasarkan prosentase 0,227 . Menurut standar prosentase 0,33 = cukup. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Dari hasil perhitungan nilai korelasi sebesar r = 0,33 kemudian nilai tersebut dikonsultasikan dengan tabel harga kritik r product moment dengan N = 75 pada taraf signifikan 5% diperoleh rtabel = 0,227. rhitung (0,33 0,227) rtabel, maka ada adanya pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini berarti Pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siwa sangatlah positif, sehingga dapat dikatakan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan dan keprofesionalan guru, semakin tinggi pula tingkat prestasi siswa atau anak didiknya. Simpulan penelitian ini (1) Ada pengaruh yang positif antara profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP YPP Nurul Huda Kelurahan Simolawang Kecamatan Simokerto Surabaya; (2) ada korelasi yang positif karena, semakin tinggi tingkat pendidikan dan keprofesionalan guru, semakin tinggi pula tingkat prestasi siswa atau anak didik di SMP YPP Nurul Huda Kelurahan Simolawang Kecamatan Simokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, RadhatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Pendidikan > Prestasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 26 Jun 2019 01:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8195

Actions (login required)

View Item View Item