PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PROYEKTOR LCD TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADARASAH ALIYAH DARUL ULUM WARU

Wahid, Abdul (2010) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PROYEKTOR LCD TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADARASAH ALIYAH DARUL ULUM WARU. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Masyarakat Indonesia dimasa ini dan dimasa mendatang merupakan masyarakat yang berbudaya teknologi, yaitu bahwa perkembangan teknologi telah berlangsung demikian rupa sehingga tersebar luas dan mempengaruhi segenap bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Teknologi perlu digunakan secara bermakna, berdaya guna dalam bidang pendidikan kearah terwujdnya amanat UUD 1945 untuk mencerdaskan bangsa. Pada dasarnya pembaharuan dan penyempurnaan proses belajar mengajar terkait erat dengan peningkatan atau hasil pendidikan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap berbagai dimensi kehidupan manusia, baik dalam ekonomi, sosial, budaya maupun pendidikan. Oleh karena itu agar pendidikan tidak tertinggal dari IPTEK tersebut perlu adanya penyesuaian-penyesuaian, terutama sekali yang berkaitan dengan faktor-faktor pengajaran di sekolah. salah satu faktor tersebut adalah media pembelajaran yang perlu dipelajari dan dikuasai oleh guru, sehingga mereka dapat menyampaikan materi pelajaran kepada siswa secara baik berdaya guna dan berhasil guna. Jika dahulu seorang guru dapat menyampaikan materi pelajaran hanya dengan metode ceramah saja, namun seiring berjalan dengan perkembangan zaman maka seorang guru dituntut untuk lebih inovatif dan kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran
Banyak media yang bisa digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran yakni salah satunya adalah media proyektor LCD yakni sebuah alat proyeksi yang mampu menampilkan unsur-unsur media seperti gambar, teks, video, animasi, video baik secara terpisah maupun gabungan diantara unsur-unsur media tersebut dan dapat dikoneksikan dengan perangkat elektronika lainnya yang digunakan guru untuk media presentasi yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan siswa sehingga dapat menolong terjadinya proses belajar pada dirinya. Dengan adanya kelebihan-kelebihanyang dimiliki oleh media proyektor LCD tersebut diharapkan proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan efektif dalam mewujudkan tujuan-tujuan yang diharapkan yang mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Sedang minat belajar merupakan komponen penting yang akan dapat menyampaikan pada tujuan yang diinginkan. Karena minat adalah suatu rasa lebih suka dan rasa ktertarikan pada suatu hal atau aktifitas, tanpa ada yang menyuruh.
Skripsi ini meneliti tentang Pengaruh Penggunaan Media Proyektor Lcd Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas XI Ma Darul Ulum Waru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode pengumpuan data observasi, interview, dokumentasi dan angket. Penjabaran hasil data dihitung dengan nilai frekuensi prosentase menggunakan analisis statistic deskriprif. Sedang untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media proyektor LCD terhadap minat belajar siswa digunakan rumus product moment.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan media proyektor LCD pada mata pelajaran fiqih di kelas XI MA Darul Ulum Waru dalam kategori cukup baik, sedangkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas XI MA Darul Ulum Waru juga cukup baik dan penggunaan media proyektor LCD berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas XI MA Darul Ulum Waru, adapun pengaruhnya adalah sebesar 10,24%.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; LCD; Minat.
Subjects: Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 18 Feb 2015 05:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8194

Actions (login required)

View Item View Item