IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SEMESTER I SD NURUL HUDA SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ichwana, Ichwana (2010) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SEMESTER I SD NURUL HUDA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V Semester I SD Nurul Huda Surabaya merupakan karya Ichwana dari penelitian lapangan di SD Nurul Huda Surabaya.
Adapun masalah yang diteliti adalah tentang kegiatan guru dan siswa selama pembelajaran kooperatif, respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif, serta ketuntasan hasil belajar siswa dan ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru yang dominan selama pembelajaran adalah membagi siswa kedalam kelompok belajar, membimbing kelompok bekerja, dan mendorong serta melatih keterampilan kooperatif. Aktivitas siswa yang dominan adalah menggunakan suara pelan, menyampaikan pendapat, menjawab, dan bertanya. Siswa pada umumnya senang tehadap kegiatan pembelajaran kooperatif dan hal tersebut baru bagi mereka. Siswa juga setuju jika pokok bahasan selanjutnya dan mata pelajaran yang lain diajarkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif.
Sedangkan ketuntasan belajar dari 30 siswa, pada siklus 1 yang tuntas sebanyak 17 orang siswa, pada siklus 2 sebanyak 29 orang siswa, dan pada siklus 3 semua siswa dinyatakan tuntas belajar. Pada siklus 1 dari 6 kelompok ada 3 kelompok berpredikat super dan 3 kelompok yang berpredikat hebat. Pada siklus 2 ada 5 kelompok berpredikat super dan 1 kelompok yang berpredikat hebat. Sedangkan pada siklus 3 semua kelompok berpredikat super.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ichwana, IchwanaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 12 Feb 2015 07:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8193

Actions (login required)

View Item View Item