PENERAPAN PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS III MI DARUL KAROMAH BETRO SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istifadah, Silfi Laili (2014) PENERAPAN PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS III MI DARUL KAROMAH BETRO SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (946kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar yang memberikan dampak sulitnya mencapai tujuan pembelajaran bagi pelaku pendidikan. Rendahnya hasil belajar tersebut dikarenakan beberapa faktor yakni kurangnya variasi dalam pembelajaran, guru lebih mendominasi pada saat pembelajaran berlangsung, guru kurang memperhatikan karakteristik gaya belajar siswa, dan siswa belum sepenuhnya memahami materi yang telah disampaikan. Untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi keliling dan luas bangun datar, diambil tindakan pembelajaran melalui pendekatan SAVI yang dilakukan dalam 2 siklus. Pendekatan SAVI sendiri merupakan kepanjangan dari Somatic, Auditory, Visual, dan Intellectual. jadi pada dasarnya pendekatan SAVI adalah pendekatan yang menekankan bahwa belajar haruslah memanfaatkan semua alat indera yang dimiliki siswa.
Rumusan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan pendekatan SAVI untuk meningkatkan hasil belajar keliling dan luas bangun datar di kelas III MI Darul Karomah Betro?. (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas III MI Darul Karomah Betro terhadap materi keliling dan luas bangun datar setelah menggunakan pendekatan SAVI?.
Model penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewwin. prosedur pelaksanaan PTK ini memiliki empat tahap yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI Darul Karomah Betro yang berjumlah 37 peserta didik.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yang dilakukan dengan teknik wawancara adalah dengan format wawancara terbuka, pada teknik observasi adalah dengan panduan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, sedangkan pada teknik tes adalah butir-butir soal tes.
Penelitian dilakukan secara kolaboratif bersama guru kelas, dan dalam penelitian ini peneliti melakukan 2 siklus yakni siklus I dan siklus II. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh data sebagai berikut : (1) penerapan pendekatan SAVI dalam materi keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas III MI Darul Karomah telah dilaksanakan sesuai dengan RPP yang telah dibuat. hal ini dapat dilihat pada hasil skor observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 80,77% (Baik) meningkat pada siklus II menjadi 90,38% (Sangat Baik). Hasil skor observasi terhadap aktivitas siswa pada siklus I sebesar 66,67% (cukup baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 89,58% (sangat baik). Terdapat peningkatan hasil belajar pada materi keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas III MI Darul Karomah Betro. Hal ini dapat ditunjukkan berdasarkan rata- rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 63,14 (cukup baik) menjadi 83,11 (Baik) pada siklus II serta presentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 59,45% jumlah siswa tuntas dan pada siklus II sebesar 91,89% jumlah siswa tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Chairati Saleh
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istifadah, Silfi LailiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendekatan
Uncontrolled Keywords: Pendekatan SAVI; Hasil Belajar; Bangun Datar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2015 08:45
Last Modified: 13 Feb 2015 08:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/819

Actions (login required)

View Item View Item