PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE AND REVIEW (PQ4R) PADA SISWA KELAS VB MI ROUDLOTUL BANAT SEPANJANG SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Falachiyah, Devi I (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE AND REVIEW (PQ4R) PADA SISWA KELAS VB MI ROUDLOTUL BANAT SEPANJANG SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penelitian menunjukkan realita bahwa dalam pembelajaran SKI kelas VB di MI Roudlotul Banat, guru selalu menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa cenderung tidak semangat dalam belajar dan membuat hasil belajar siswa menjadi rendah. Berpijak pada latar belakang tersebut dan memunculkan strategi pembelajaran PQ4R sebagai salah satu alternatif solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka peneliti membentuk rumusan masalah yakni:1) Bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran PQ4R pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VB di MI Roudlotul Banat Sepanjang Sidoarjo? 2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) setelah menggunakan strategi PQ4R pada kelas VB MI Roudlotul Banat Sepanjang Sidoarjo?
Strategi pembelajaran PQ4R merupakan salah satu bagian dari strategi elaborasi yang digunakan untuk membantu siswa mengingat apa yang mereka baca, dan dapat membantu proses belajar mengajar di kelas yang dilaksanakan dengan kegiatan membaca buku.
Penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin yang dalam satu siklus terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.
Strategi yang digunakan berjalan dengan baik dan terdapat peningkatan pada tiap siklusnya. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya hasil observasi aktifitas siswa pada siklus I mencapai 66% menjadi 84% pada siklus II, sedangkan hasil observasi aktifitas guru mencapai 78% pada siklus I menjadi 90% di siklus II. Selain itu, Hasil belajar siswapun menjadi lebih baik, hal tersebut ditunjukkan pada meningkatnya hasil belajar siswa dari siklus I yang mencapai angka 73,62 dengan prosentase 60% menjadi 89,6 pada siklus II dengan prosentase 92%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Munawir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Falachiyah, Devi IUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Preview; Question; Read; Reflect; Recite; Review; PQ4R; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2015 08:42
Last Modified: 13 Feb 2015 08:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/818

Actions (login required)

View Item View Item