Pengaruh profesionalisme guru terhadap kualitas belajar siswa Madrasah Ibtida'iyah Darul Huda Wonoroto Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2008/2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sho'im, Ah. (2010) Pengaruh profesionalisme guru terhadap kualitas belajar siswa Madrasah Ibtida'iyah Darul Huda Wonoroto Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2008/2009. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. isi.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Sekolah sebagai salah satu tempat di mana proses pendidikan terjadi untuk mencapai suatu tujuan yakni membantu siswa untuk mencapai kecerdasannya. Sebagai lembaga pendidikan, guru yang profesional memiliki fungsi educatif dan melatih atau dengan kata lain merupakan penyalur dan sebagai pelaku proses belajar mengajar. Karena guru yang profesional memegang peranan penting mencapai tujuan nasional.
Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan tersebut, maka perlu adanya peningkatan mutu pendidikan yang dimulai dari usaha peningkatan profesionalisme guru. Sebab guru sebagai tenaga profesional dalam bidang pendidikan harus mempunyai keahlian dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya demi keberhasilan dalam dunia pendidikan, terutama tercapainya kompetensi jualitas siswa.
Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat dirumuskan secara bahwa : adakah pengaruh profesionalisme guru terhadap kualitas belajar siswa Madrasah Ibtida’iyah Darul Huda Wonoroto Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2008/2009 ? dan yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengatahui ada dan tingdaknya pengaruh profesionalisme guru terhadap kualitas belajar siswa Madrasah Ibtida’iyah Darul Huda Wonoroto Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2008/2009
Ada beberapa prosedur untuk meraih data yang diperlukan dalam penelitian ini diantaranya metode populasi dan sampel dengan menggunakan teknik quota proporsional stratified proporsional random sampling yang dilanjutkan metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, metode angket, metode interview, dan metode dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis chi Kwadrat, adapun rumusnya adalah :
Yang dilanjutkan dengan rumus KK
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) Berdasarkan analisa chi kwadrat bahwa menunjukkan ada pengaruh antara profesional guru terhadap kualitas belajar siswa Madrasah Ibtida’iyah Darul Huda Wonoroto Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2008/2009. Karena Nilai nilai X2 (empirik) = 1.272 nilai tersebut apabila di konsultasikan dengan db 1 = 5%, (X2 Tabel) = 3.481 maka nilai X2 (empirik) lebih kecil dari pada harga nilai kitik. 2) Bahwa ada pengaruh positif yang rendah antara profesional guru terhadap kualitas belajar siswa Madrasah Ibtida’iyah Darul, Karena nilai KK ternyata diperoleh 0.112 nilai tersebut apabila di konfermasikan dengan tabel Chi Kwadrat berada pada 0.000 – 0.200.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sho'im, Ah.--D51206177
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorRofiq, M. Nafiur----
Subjects: Guru
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru; Kualitas Belajar;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 14 Nov 2019 02:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8174

Actions (login required)

View Item View Item