FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) ISLAM PADOMASAN JOMBANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2008/2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qodriyah, Qodriyah (2010) FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) ISLAM PADOMASAN JOMBANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. isi.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Bagi Umat Islam, bahasa Arab merupakan bahasa yang memiliki peranan sangat penting. Hal ini dikarenakan Al-Qur’an dan Al-Hadist yang merupakan pedoman hidup umat Islam dalam beribadah dan bertingkah laku ditulis dalam Bahasa Arab.
Berdasarkan hal tersebut maka di Indonesia sekolah-sekolah yang berciri khas Islam berusaha memberikan perhatian terhadap Bahasa Arab. Dalam mencapai kesuksesan dalam belajar Bahasa Arab, hambatan-hambatan selalu ada, sehingga menimbulkan problematika dalam proses belajar mengajar Bahasa Arab. Hambatan-hambata tersebut banyak disebabkan oleh kesulitan siswa dalam belajar mengajar Bahasa Arab baik disebabkan oleh faktor yang bersifat intern maupun faktor yang bersifat ekstern.
Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar Bahasa Arab di SMP Islam Padomasan Jombang Tahun pelajaran 2008/2009. sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor intern penyebab kesulitan belajar Bahasa Arab dan untuk mendiskripsikan faktor ekstern penyebab kesulitan belajar Bahasa Arab di MadrasahIbtida’iyah Nahdlatus Shibyan.
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka digunakan metode dan prosedur penelitian yang terurai sebagai berikut, pendekatan dan desain penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Penentua informan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun metode pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, interview, dan dokumenter. Sedangkan analisis data menggunakan analisa data deskriptif reflektif thingking.
Dari hasil penelitian dapat di kemukakan bahwa faktor-faktor penyebab kesulitan belajar Bahasa arab di SMP Islam Padomasan Jombang, yaitu faktor intern yan meliputi kekurangan kognitif, kekurangan dalam memori, kekurangan kemampuan dalam menilai, kekurangan kemampuan prodoksi bahasa, kekurangan pragmatik, sedangkan faktor ekstern yang meliputi kurikulum, strategi pembelajaran, serta sarana dan prasarana, banyak ditemui di SMP Islam Padomasan, sehingga sangat diperlukan penanganan dan peningkatan dalam kegiatan belajar mengajar Bahasa Arab yang lebih serius.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qodriyah, QodriyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar; Bahasa Arab;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Aug 2010
Last Modified: 16 Feb 2015 04:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8167

Actions (login required)

View Item View Item