STUDI TENTANG PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI WRINGINAGUNG 02 JOMBANG JEMBER

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardani, Avin (2010) STUDI TENTANG PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI WRINGINAGUNG 02 JOMBANG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (16kB) | Preview
[img] Text
bab 1.pdf

Download (19B)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (19B)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (19B)
[img]
Preview
Text
bab 41.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pustaka.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Pada hakikatnya di sekolah-sekolah seringkali kedisiplinan guru yang seharusnya menjadi contoh, tauladan sikap dan perilaku siswanya serta membantu siswa dalam meningkatkan motivasi aktifitas belajarnya, hanya merupakan suatu sikap yang dipaksakan oleh guru guna mendapatkan perhatian dari atasannya (kepala sekolah). Hal ini perlu disadari oleh setiap guru bahwa kedisiplinan yang baik mengandung pula kesadaran atau tujuan yang dicapai oleh sekolah yaitu mewujudkan dan memelihara suasana proses belajar mengajar yang efektif.
Salah satu masalah utama adalah kedisiplinan yang dihadapi oleh guru adalah: masalah bagaimana seorang guru mampu memberikan pengarahan tentang segala perasaan dan tindakan seseorang dalam suatu kelas untuk mewujudkan dan memelihara proses belajar mengajar yang efektif dan efisien yang sekaligus dapat memotivasi belajar siswa serta mengembangkan minat belajar siswanya. Hal ini peranan guru dalam menegakkan kedisiplinan merupakan modal besar bagi perkembangan siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Wringinagung 02 Jombang. Adapun yang menjadi populasi penelitian ini adalah semua guru dan sebagian siswa kelas I - VI SDN Wringin Agung II Jombang Jember.
Instrumen atau metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data adalah metode angket sebagai metode pokok dalam memperoleh data responden tentang sikap kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar siswa di SDN Wringinagung 02 Jombang.. Metode interview digunakan sebagai penunjang untuk memperoleh data di lapangan tentang latar belakang obyek. Metode observasi dijadikan sebagai pelengkap dalam menggali data-data yang belum diperoleh dari metode angket dan metode interview. Teknik analisis yang telah terkumpul adalah teknik analisis statistik dengan rumus Chi Kwadrat diteruskan dengan rumus KK
Dari proses penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa Ada pengaruh cukup kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri Wringinagung 02 Kecamatan Kombang Kabupaten Jember.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardani, AvinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Disiplin; Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Aug 2010
Last Modified: 14 Nov 2019 03:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8166

Actions (login required)

View Item View Item