ATSARU BARAMAJ TADRIB TARJAMAH AL QURAN LI TARQIYAH KAFA'AH ILMI AN NAHW WA ASH SHARF BI MA'HAD SAFINATUL HUDA RUNGKUT TENGAH SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

NARULITA, ZUNAIDHATUL (2009) ATSARU BARAMAJ TADRIB TARJAMAH AL QURAN LI TARQIYAH KAFA'AH ILMI AN NAHW WA ASH SHARF BI MA'HAD SAFINATUL HUDA RUNGKUT TENGAH SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Telah kita ketahui bahwasannya bahasa arab sangat penting bagi kita dan seluruh umat islam. Karena Al-Qur'an dan Al-Hadits merupakan pedoman bagi umat islam yang juga menggunakan bahasa arab. Perlu diingat sesungguhnya
belajar bahasa arab bukan hal yang sulit apabila dalam mempelajarinya mempergunakan metode yang tepat dan mudah. Disini Program Pelatihan Terjemah Al-Qur'an (PPTQ) menjadi sangat penting bagi murid, karena dengan menggunakan metode ini maka belajar bahasa arab menjadi lebih mudah dan
singkat tanpa menghabiskan waktu yang lama.Adapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bertujuan untuk
mengetahui: (1) Apakah Program Pelatihan Terjemah Al-Qur’an (PPTQ) di pondok pesantren Safinatul Huda Rungkut tengah Surabaya? (2) Bagaimana penerapan pembelajaran ilmu nahwu dan shorrof di Pondok Pesantren Safinatul Huda Rungkut tengah Surabaya? (3) Sejauhmana pengaruh Program Pelatihan Terjemah Al-Qur’an (PPTQ) dalam ,meningkatkan ilmu nahwu dan shorrof di
Pondok Pesantren Safinatul Huda Rungkut tengah Surabaya?
Skripsi ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan
kuantitatif. Untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan pembahasan, maka penulis menggunakan empat metode yaitu: Interview, observasi, dokumentasi, dan angket. Setelah penulis mendapatkan data-data dengan menggunakan metode-metode tersebut, kemudian penulis menganalisa
sesuai dengan jenis data yang ada.
Kemudian dari analisis tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa: (1) Program Pelatihan Terjemah Al-Qur’an (PPTQ) di pondok pesantren Safinatul Huda Rungkut tengah Surabaya adalah salah satu metode yang di gunakan untuk
mempelajari ilmu nahwu dan shorrof dan berdasarkan hasil angket yang di sebarkan metode ini tergolong baik yaitu 76,04 %, (2) kemampuan ilmu nahwu dan shorrof di pondok pesantren Safinatul Huda Rungkut tengah Surabaya
tersebut tergolong baik terbukti dari hasil angket yang disebarkan yaitu 85,93%,serta hasil dari obserfasi dan dokumentasi yang dilakukan oleh penulis. (3)
pengaruh Program Pelatihan Terjemah Al-Qur’an (PPTQ) dalam meningkatkan ilmu nahwu dan shorrof di Pondok Pesantren Safinatul Huda Rungkut tengah
Surabaya tersebut sedang terbukti dari hasil perhitungan nilai angket yang disebarkan yaitu 0,68.
Demikian abstraksi penelitian tersebut penulis sampaikan, mudahmudahan dapat membantu pembaca dalam memahami skripsi ini. Amien.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
NARULITA, ZUNAIDHATULUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: PELATIHAN TERJEMAH
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Nov 2009
Last Modified: 09 Feb 2015 05:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8112

Actions (login required)

View Item View Item