Efektivitas strategi Lightening The Learning Climate (menghidupkan suasana belajar) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada bidang study Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Al-Hikmah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shofie, Adebia Choiriyah (2009) Efektivitas strategi Lightening The Learning Climate (menghidupkan suasana belajar) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada bidang study Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Al-Hikmah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adebia Choiriyah Shofie_D31205037.pdf

Download (825kB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya daya serap peserta didik dengan kata lain, lemahnya proses pembelajaran, khususnya Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, disamping itu siswa beranggapan bahwa materi Pendidikan agama Islam, yang selama ini terkesan membosankan dan menjemukan, dan sulit untuk dipahami dan dicerna. Sebagai seorang guru yang berkompeten yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan mampu mengelola kelas dengan baik, karena itu, diantara salah satu cara yang digunakan guru dalam membangkitkan motivasi belajar siswa adalah salah satunya dengan menggunakan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa adalah strategi pembelajaran aktif, yaitu strategi lightening the learning climate yang merupakan salah satu strategti mengaktifkan siswa mulai dari pembelajaran. Dengan meminta siswa untuk membuat persoalan atau topik yang menarik atau topik yang lucu yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan. Dari latar belakang diatas, muncul beberapa masalah: 1. Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola strategi pembelajaran lightening the learning climate pada pembelajaran PAI? 2. Bagaimana motivasi belajar siswa pada bidang study PAI setelah diterapkan pembelajaran srategi lightenig the learning climate di SMA Al-Hikmah Surabaya? 3. Bagaimana efektivitas strategi pembelajaran lightening the learning climate dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada bidang study PAI di SMA Al-Hikmah Surabaya? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dan Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Al-Hikmah Surbaya, dan sampelnya adalah kelas X 4. Teknik sampling yang diambil dengan cara random sampling. Jenis dalam penelitian ini adalah true experimen design (experimen yang dianggap baik) dengan menggunakan design post test berupa angket. Dimana analisis datanya menggunakan statistik non parametrik dengan ujin peringkat bertanda wilcoxon.
Penelitian ini membuktikan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran PAI dengan menggunakan strategi lightening the learning climate, pada pertemuan pertama nilai rata-rata keseluruhan 3,56.dan pertemuan kedua nilai rata-rata keseluruhan 3,58.berdasarkan data yang didapat dari hasil angket dengan perhitungan non parametrik uji peringkat bertanda wilcoxon bahwa Zhitung sebesar 3,27 dan Ztabel sebesar 1,96 hal ini berarti Zhitung Ztabel atau 3,27 1,96 yaitu Ho ditolak dan HI diterima dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa, terdapat Efektivitas Strategi lightening the learning climate dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada bidang study Pendidikan agama islam di SMA Al-Hikmah Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shofie, Adebia ChoiriyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Uncontrolled Keywords: Lightening The Learning Climate; Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2009
Last Modified: 25 Jun 2019 08:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8073

Actions (login required)

View Item View Item