IMPLEMENTASI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MA'ARIF BANGKALAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismail, Azizah (2009) IMPLEMENTASI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MA'ARIF BANGKALAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Pendidikan agama Islam dinilai oleh banyak kalangan memiliki banyak kelemahan terutama di dalam proses pembelajarannya. Karena pembelajaran yang digunakan masih terlihat kaku dengan lebih menekankan hafalan belaka, dan tidak menggunakan inovasi kreatif yang merangsang berpikir siswa. Pendidikan agama Islam masih terlihat meminjam bahasanya Paulo Freire bersifat subyek obyek, artinya guru merupakan satu-satunya sumber belajar siswa. Sukses dan tidaknya proses pembelajaran sangat tergantung dari peran guru. Guru menjadi pemilik tunggal kebenaran. Apapun yang dilakukan didasarkan oleh selera guru, siswa hanya sedikit dilibatkan dalam proses pembelajaran. Siswa hanya memperoleh materi, kemudian ditelan, dihafal supaya jika nanti ada ujian maka siswa bisa menyelesaikan ulangan dengan sukses. Proses pembelajaran seperti ini, berakibat tidak adanya rangsangan bagi siswa untuk mengembangkan daya pikir kemandirian, mentalitas siswa menjadi tergantung kepada guru. Lebih dari itu, proses pembelajaran yang kaku tersebut tidak bisa dinikmati dan mengakibatkan mental pasif, siswa seperti terpaksa dalam belajar, proses pembelajaran kurang berkesan di otak siswa.
Oleh karenanya dimunculkan banyak system pembelajaran lebih kreatif, salah satu dari sekian banyak system pembelajaran yang digunakan adalah Active Learning. Active learning ini dimaksudkan agar siswa lebih kreatif di dalam proses belajar mengajar. Siswa dilibatkan secara penuh dalam proses pembelajaran. Siswa tidak hanya sekedar duduk sambil mendengarkan ceramah guru, kemudian mencatat dan dihafal, tetapi siswa mempraktekkan, berdiskusi, bertanya dan aktif dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan guru. Siswa dirangsang untuk selalu inovatif, kreatif dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang diberikan.
Salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran active learning adalah SMA Ma’arif Bangkalan. Penerapan pembelajaran active learning khususnya dalam pembelajaran pendidikan agama Islam yang diteliti dalam penelitian ini, memberikan pembelajaran yang lain dari pembelajaran biasa. SMA Ma’arif yang menerapkan active learning memberikan pelatihan-pelatihan dan praktek-praktek, selain itu diberikan pula pendekatan-pendekatan yang berbeda khususnya dalam mengembangkan sikap motorik dan psikomotoriknya serta intelegensinya. Oleh karenanya menarik untuk lebih lanjut meneliti kajian ini, bagaimana SMA Ma’arif mampu mengadopsi pembelajaran active learning dan bagaimana hambatan dalam menerapkannya?
Kata kunci : Active Learning, Implementasi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ismail, AzizahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Active Learning; PAI; Bangkalan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2009
Last Modified: 06 Feb 2015 03:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8062

Actions (login required)

View Item View Item