PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII DI SMP AL-AZHAR MENGANTI GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustin, Rizcha (2014) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII DI SMP AL-AZHAR MENGANTI GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Dalam belajar matematika keterampilan berpikir siswa akan meningkat karena pola berpikir yang dikembangkan matematika membutuhkan dan melibatkan pemikiran kritis. Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan bagi kehidupan mereka, agar mampu menyaring informasi, memilih layak atau tidaknya suatu kebutuhan. Dari latar belakang itulah peneliti mengembangkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, dengan pertanyaan penelitian: (1) Bagaimana kevalidan hasil pengembangan perangkat pembelajaran? (2) Bagaimana kepraktisan hasil pengembangan perangkat pembelajaran? (3) Bagaimana keefektifan hasil pengembangan perangkat pembelajaran? (4) Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa setelah mengikuti pembelajaran?
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII Intensif-B di SMP Al-Azhar Menganti Gresik pada materi relasi dan fungsi. Namun pengembangan dalam penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan saja. Sebelum diujikan, perangkat divalidasi oleh para ahli untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi untuk mengetahui aktivitas siswa, guru, keterlaksanaan sintaks pembelajaran, serta observasi tugas proyek dan kartu penilaian, metode angket untuk mengetahui respon siswa, dan metode tes untuk mengetahui hasil belajar siswa serta kemampuan berpikir kritis siswa.
Data penelitian dianalisis secara deskriptif kemudian diperoleh hasil sebagai berikut: kevalidan hasil pengembangan dengan rata-rata total kevalidan RPP 3,74; LTP 3,72; tes kemampuan berpikir kritis 3,52. Kepraktisan pengembangan pembelajaran tergolong dalam kriteria B, yaitu dapat digunakan dengan sedikit revisi. Pengembangan pembelajaran dikategorikan tidak efektif dengan hasil: kategori aktivitas siswa aktif sebesar 97,68%; aktivitas guru memenuhi kriteria efektif; keterlaksanaan sintaks pembelajaran diperoleh rata-rata 3,39%; kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas proyek termasuk dalam kategori baik; persentase hasil belajar siswa dengan kategori tuntas sebesar 38,89% (kuis 1) dan 72,22% (kuis 2); respon siswa dalam pembelajaran menunjukkan respon positif sebesar 80%. Hasil kemampuan berpikir kritis siswa setelah mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan dengan kemampuan berpikir kritis level kritis 16,66%, kemampuan berpikir kritis level cukup kritis 11,12%, sedangkan kemampuan berpikir kritis level tidak kritis terjadi penurunan 27,78%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Lisanul Uswah Sadieda
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustin, RizchaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran MMP; Strategi TTW; Kemampuan Berpikir Kritis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2015 06:46
Last Modified: 13 Feb 2015 06:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/806

Actions (login required)

View Item View Item