PENGARUH BELAJAR DENGAN READING ALOUD (BERSUARA KERAS) TERHADAP PEMEROLEHAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM GONTOR PUTRI 1 SAMBIREJO MANTINGAN NGAWI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmudiyah, Himmatul (2009) PENGARUH BELAJAR DENGAN READING ALOUD (BERSUARA KERAS) TERHADAP PEMEROLEHAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM GONTOR PUTRI 1 SAMBIREJO MANTINGAN NGAWI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3 - 4.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Membaca adalah salah satu keterampilan dalam belajar bahasa Arab. Dan membaca dengan Reading Aloud (bersuara keras) akan mempermudah santriwati dalam memperoleh kemampuan berbicara Bahasa Arab mereka. Maka dalam pembahasan skripsi kali ini peneliti sangat tertarik untuk memaparkan suatu kebiasaan belajar di pondok pesantren Darussalam Gontor Putri 1. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui bagaimanakah penerapan belajar dengan Reading Aloud (bersuara keras) terhadap pemerolehan kemampuan berbicara bahasa Arab santriwati di pondok pesantren Darussalam Gontor Putri 1.
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka peneliti menggunakan beberapa metode guna mencapai data yang diinginkan, yakni observasi, interview, angket, dan dokumentasi. Sedangkan populasi dalam penelitian kali ini adalah santriwati dari kelas 3 intensifdan kelas 4 yang masing-masing diambil secara random sebanyak 30 santriwati. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh belajar Reading Aloud terhadap pemerolehan kemampuan berbicara bahasa Arab santriwati di pondok pesantren Darusslam Gontor Putri 1 adalah :
Bahwasanya belajar dengan Reading Aloud sudah lama berjalan di pondok pesantren Darussalam Gontor Putri 1, dan semakin tahun semakin banyak santriwati yang senang belajar dengan Reading Aloud, karena belajar dengan Reading Aloud mempunyai nilai positif yang lebih, dan ini termasuk salah satu metode belajar di pondok pesantren Darussalam Gontor Putri 1, yang harus selalu dilestarikan dan dipertahankan. Santriwati sangat setuju sekali akan belajar dengan Reading Aloud, bahkan hampir dari semua santriwati di pondok pesantren Darussalam diharuskan untuk belajar dengan Reading Aloud. Ini merupakan salah satu cara untuk memperoleh kemampuan berbahasa Arab mereka di pondok pesantren. Dari uraian diatas, maka pondok pesantren Darussalam Gontor Putri 1 akan selalu memperbaiki dalam setiap pemerolehan kemampuan berbicara bahasa Arab santriwati dengan belajar Reading Aloud. Karena belajar dengan Reading Aloud sangat berpengaruh sekali terhadap pemerolehan kemampuan berbicara bahasa Arab santriwati di pondok pesantren Darussalam Gontor Putri 1.
Adapun untuk mencari jawaban dari pernyataan yang ketiga, peneliti memakai rumus Product Moment. Dan hasil dari perhitungan statistik menunjukkan bahwa hasil akhir sebesar 1,06 yang menunjukkan adanya pengaruh belajar dengan Reading Aloud terhadap kemampuan berbicara bahasa Arab santriwati di pondok pesantren Darussalam Gontor Putri 1 di terima (Ho diterima) dan (Ha ditolak). Maka dengan hasil tersebut jika dilihat pada tingkatan nilai statistic berada antara 0,90– 1,00 yaitu sangat kuat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmudiyah, HimmatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Uncontrolled Keywords: READING ALOUD, BERSUARA KERAS, KEMAMPUAN BERBICARA, BAHASA ARAB
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2009
Last Modified: 06 Feb 2015 09:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8019

Actions (login required)

View Item View Item