PENGARUH PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI KAIDAH BAHASA ARAB SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) MOJOSARI MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

SHOFIYAH, IKA NUR (2009) PENGARUH PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI KAIDAH BAHASA ARAB SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) MOJOSARI MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kooperatif bukanlah model baru dalam proses belajar mengajar, karena sesungguhnya pembelajaran tersebut telah sejak lama dilaksanakan guru dengan terprogram dalam Rencana Pelaksanaan pembelajarannya, akan tetapi guru tidak mengetahui dan seringkali tidak dapat melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan rencana akibat terjadinya faktor intern dan ekstern dalam proses pembelajaran tersebut, yang selanjutnya berimbas pada kembalinya guru mempergunakan metode pembelajaran sebelumnya (Tradisional) dimana pembelajaran lebih berorientasi pada guru. Padahal merunut Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004 yang disempurnakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)2006 bahwa setiap individu memiliki potensi yang harus dikembangkan. Maka proses pembelajaran yang relevan ialah yang mampu menggali potensi anak agar selalu kreatif dan berkembang. Upaya inilah yang senantiasa diusahakan oleh Tim Guru Bahasa Arab Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Mojosari Mojokerto, terbukti sejak awal tahun 2008 lalu, mulai menerapkan berbagai metode pembelajaran baru, termasuk proses belajar mengajar berbasis kelompok (Kooperatif) yang salah satunya adalah metode Snowball Throwing. Metode inilah yang selanjutnya akan penyusun teliti dalam skripsinya yang berjudul Pengaruh Penerapan Metode Snowball Throwing terhadap Pencapaian Kompetensi Kaidah Bahasa Arab Siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Mojosari Mojokerto.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan tingkat pencapaian kompetensi Kaidah Bahasa Arab siswa kelompok eksperimen (kelompok yang menggunakan metode Snowball Throwing dalam pembelajaran kaidah Bahasa Arab) dengan siswa kelompok kontrol (kelompok yang tidak menggunakan metode Snowball Throwing dalam pembelajaran kaidah Bahasa Arab) pada siswa kelas X MAN Mojosari Tahun Pelajaran 2008-2009 sebanyak 293 siswa yang terdiri dari delapan kelas (X1-X8) sebagai populasi. Sedang sampel yang digunakan adalah Teknik Sampling Non Probabilitas Type Purposive Sampling yakni pengambilan sampel dengan cara mengambil subyek bukan didasarkan pada strata, random atau daerah, melainkan didasarkan atas adanya tujuan tertentu. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X1 (37 siswa) sebagai Kelompok Eksperimen dan siswa kelas X8 (37 siswa) sebagai Kelompok Kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode Uji Coba, Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Angket dan Tes. Untuk menguji keampuhan Instrumen dilakukan dengan Uji Validitas dan Realibilitas dan Teknik Doeble Test Double Trial Method yang kemudian dilanjutkan dengan analisis Statistik Uji t (Rumus Fisher) untuk menganalisa data tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara pencapaian kompetensi Kaidah Bahasa Arab siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata kelompok Eksperimen dari 7,38 (Pre Test) menjadi 7,80 (Post Test) dan kelompok kontrol dari 7,35 (Pre Test) menjadi 7,76 (Post Test). Ini menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 0,94. dalam hasil perhitungan Uji t diperoleh to sebesar 3,13. angka ini jauh lebih besar dibanding tt pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,00 dan taraf signifikansi 1% yaitu 2,65 (2,00 3,13 2,65).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Snowball Throwing berpengaruh secara signifikan Terhadap Pencapaian Kompetensi Kaidah Bahasa Arab Siswa Kelas X MAN Mojosari Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
SHOFIYAH, IKA NURUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Metode Snowball Throwing; Kaidah Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2009
Last Modified: 10 Feb 2015 08:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8017

Actions (login required)

View Item View Item