TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ARISAN DAGING SAPI DI DUSUN GUYANGAN DESA KEMLAGIGEDE KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN

Mahmudi, Moh (2014) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ARISAN DAGING SAPI DI DUSUN GUYANGAN DESA KEMLAGIGEDE KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (935kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Untuk menjawab permasalahan, maka metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pola pikir induktif yaitu pola pikir yang berpijak pada fakta-fakta yang bersifat khusus kemudian diteliti dan akhirya dikemukakan pemecahan persoalan yang bersifat umum. Pola pikir ini berpijak pada teori-teori hutang piutang, konsep mas}lah}ah dalam hukum Islam, kemudian dikaitkan dengan fakta di lapangan tentang praktek arisan daging sapi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa arisan daging sapi di Dusun Guyangan Desa Kemlagigede Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan terdapat selisih pendapatan tiap peserta arisan, karena pembayarannya berpatokan pada harga daging sapi. Arisan daging sapi ini merupakan suatu mas}lah}ah mursalah yang bersifat tah}si>niyyah, karena arisan ini bila tidak dilakukan tidak menyebabkan kesulitan bagi para peserta, dalam pembayaran arisan ini terdapat patokan harga daging sapi yang bertujuan untuk mencegah terjadinya penurunan nilai uang. para peserta mengaggap bahwa nilai uang selalu berubah-ubah (fluktuatif). Hal ini merupakan suatu kebiasaan baik yang dilakukan masyarakat dalam segi pengembalian uang dan membantu peserta dalam melakukan hajatan. Arisan daging sapi ini diperbolehkan dalam hukum Islam karena dilakukan akan menuai suatu kemanfaatan dan para peserta arisan ini tidak ada yang merasa dirugikan.
Dari hasil penelitian, maka penulis menyarankan agar panitia benar-benar memantau harga daging sapi dipasar bukan berdasarkan rekaan semata, supaya tidak ada yang merasa dirugikan, dan sebaiknya arisan ini terus diadakan, karena bermanfaat bagi peserta, yaitu terdapat unsur tolong menolong dan juga sebagai ajang silaturrahmi antar peserta.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abd. Hadi
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Arisan;
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Utang Piutang
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2015 04:43
Last Modified: 18 Feb 2015 07:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/795

Actions (login required)

View Item View Item