Korelasi respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran CD Interaktif dengan prestasi belajar mata pelajaran Matematika pokok bahasan Luas Tabung di Kelas IX SMP Islam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Handono, Handono (2009) Korelasi respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran CD Interaktif dengan prestasi belajar mata pelajaran Matematika pokok bahasan Luas Tabung di Kelas IX SMP Islam Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. I.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. II.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. III.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. IV.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. V.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. VI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daf. Pustaka.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu yang memiliki peranan penting dalam upaya penguasaan IPTEK. Mengingat begitu pentingnya ilmu matematika, maka proses pembelajaran matematika pada siswa perlu mendapatkan perhatian yang
khusus. Oleh karena itu guru juga harus dapat memilih metode pembelajaran yang tepat. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai untuk memudahkan siswa dalam belajar matematika adalah dengan menggunakan media CD Pembelajaran Interaktif, karena media tersebut sangat menarik karena didalamnya terdapat animasi, gambar, audio, visual yang dapat membantu siswa untuk memvisualisasikan konsep matematika secara realistik. Berdasarkan uraian diatas, maka penulis mengangkat judul dalam penelitian ini sebagai berikut : Korelasi Respon Siswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran CD Interaktif Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Luas Tabung Di Kelas IX SMP Islam Surabaya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif non parametris dengan menggunakan analisa data korelasi Spearman Rank untuk pengujian hipotesis. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Islam Surabaya, sedangkan sample dari penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMP Islam Surabaya yang berjumlah 40 siswa. Adapun hasil analisa dari penelitian ini adalah semakin meningkat prosentase yang diperoleh dari hasil angket respon siswa maka semakin meningkat pula nilai prestasi belajar siswa maka dapt disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran CD Interaktif ( X ) dengan prestasi belajar ( Y ) siswa kelas IX SMP Islam Surabaya dan dari hasil penhitungan statistik nilai korelasinya positif dan lebih besar dari 5% yaitu 0,968 maka dapat dikatakan bahwa terdapat korelasi yang signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Handono, Handono--UNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Media
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; CD Interaktif; Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2009
Last Modified: 10 Oct 2018 08:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7902

Actions (login required)

View Item View Item