Kompetensi Guru Matematika berdasarkan persepsi siswa di SMA Negeri 2 Kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofik, Ach. (2009) Kompetensi Guru Matematika berdasarkan persepsi siswa di SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab6.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Secara akademis guru matematika dikatakan sudah kompeten dalam bidangnya, karena mereka sudah banyak belajar dalam proses perkuliahan dan praktik mengajar di lapangan. Namun realita menunjukkan bahwa tidak semuanya guru matematika demikian, banyak kasus terjadi dalam proses pembelajaran dimana seorang guru matematika sangat menguasai materi pelajaran akan tetapi mereka kesulitan dalam menyampaikan materi tersebut pada siswanya, sebaliknya ada guru matematika yang menguasai materi pelajaran sehingga ketika menyampaikan materi pelajaran mudah dipahami oleh siswanya. Ada pula guru matematika yang dianggap kompeten oleh guru-guru yang lain tapi ketika mengajar di kelas ternyata sulit dipahami oleh siswanya. Berangkat dari fenomena tersebut, maka penulis tertarik untuk mengadakan suatu penelitian terkait tentang bagaimana kompetensi guru matematika berdasarkan persepsi siswa di SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. Dalam penelitian ini penulis menggunakan acuan standar kompetensi guru berdasarkan Undang-Undang Guru dan Dosen No. 14/2005 dan Peraturan Pemerintah No. 19/2005 yang meliputi kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional, dan sosial. Karena penelitian ini bersifat persepsional, yakni berdasarkan persepsi siswa yang diajar oleh guru matematika yang bersangkutan, maka penulis hanya membatasi pada kompetensi pedagogik dan profesional guru matematika yang diteliti yaitu pak AS dan pak ID. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya kompetensi pedagogik dan profesional yang dimiliki pak AS berdasarkan persepsi siswa yang diajar beliau ialah terpenuhi. Sedangkan kompetensi pedagogik dan profesional yang dimiliki pak ID berdasarkan persepsi siswa yang diajar beliau ialah cukup terpenuhi. Sehingga secara umum dapat penulis simpulkan bahwasanya kompetensi guru matematika berdasarkan persepsi siswa di SMA Negeri 2 Kota Mojokerto ialah terpenuhi, dengan kata lain guru matematika di sekolah tersebut kompeten dalam bidangnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofik, Ach.--UNSPECIFIED
Subjects: Guru
Matematika
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru Matematika; persepsi siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2009
Last Modified: 14 Dec 2018 07:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7900

Actions (login required)

View Item View Item