ALAQAH AL MANADHIRAH AL ILMIYAH NAHWA TANMIYATU MAHARAT AL KALAM FI AL MADRASAH AL TSANAWIYAH AL DINIYAH AL KHASHAH BAHRU AL ULUM TAMBAK BERAS JOMBANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhtadiroh, Muhtadiroh (2009) ALAQAH AL MANADHIRAH AL ILMIYAH NAHWA TANMIYATU MAHARAT AL KALAM FI AL MADRASAH AL TSANAWIYAH AL DINIYAH AL KHASHAH BAHRU AL ULUM TAMBAK BERAS JOMBANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Bahasa Arab merupakan mata pelajaran yang esensial pada jenjang pendidikan tingkat menengah terutama di Aliyah. Pengajaran bahasa Arab ini merupakan proses pembelajaran siswa agar mereka mampu Berbicara (Kalam) di dalam pembelajaran munadharah ilmiah (berdiskusi). Karena itu pengajarannya pun harus mengacu pada pemberian bekal siswa, agar mereka memiliki kemampuan berkomunikasi secara Aktif dan Pasif. Kemampuan berkomunikasi Aktif adalah keterampilan menggunakan bahasa secara lisan maupun tulisan. Sedangkan kemampuan berkomunikasi pasif adalah keterampilan untuk memahami bacaan bahasa Arab dan pembicaraan orang lain. Sedangkan untuk mengembangkan dan memperluas perbendaharaan kosa kata-kosa kata siswa serta untuk memadukan kegiatan berbahasa. Pembelajaran tersebut dapat dilakukan dengan pembelajaran model berdiskusi yang efektif, selain untuk meningkatkan keterampilan berbahasa, pembelajaran munadharah (diskusi) juga diarahkan untuk meningkatkan kemampuan berfikir dan bernalar, mempertajam kepekaan perasaan, serta memperluas wawasan siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan :
- Bagaimana Munadharah Ilmiah (berdiskusi) di MAK Bahrul - Ulum Tambak beras Jombang.
- Bagaimana perkembangan Kemampuan berbicara siswa di MAK Bahrul - Ulum Tambak beras Jombang.
- Apakah pengaruh Munadharah Ilmiah (berdiskusi) terhadap perkembangan kemampuan berbicara siswa di MAK Bahrul - Ulum Tambak beras Jombang.
Berdasarkan tujuan penelitian di atas penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif.
Dari hasil analisis ditemukan bahwa proses Munadharah atau diskusi adalah suatu bentuk retorika modern yang pada umumnya tercirikan oleh adanya dua pihak atau lebih yang melangsungkan komunikasi dengan bahasa dan saling berusaha mempengaruhi sikap dan pendapat orang agar mereka mau percaya dan melaksanakan, bertindak dan mengikuti atau sedikitnya mempunyai kecenderungan sesuai dengan apa yang di inginkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhtadiroh, MuhtadirohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Munadharah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2009
Last Modified: 06 Feb 2015 09:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7881

Actions (login required)

View Item View Item