DIRASAH AN MUSYKILAT TA'LIM NAHW ALFIYAH IBN MALIK WA HALLUHA FI AL MADRASAH AL MUTAWASSITHAH AL ISLAMIYAH NURUL KARAMAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ruba'i, Ruba'i (2009) DIRASAH AN MUSYKILAT TA'LIM NAHW ALFIYAH IBN MALIK WA HALLUHA FI AL MADRASAH AL MUTAWASSITHAH AL ISLAMIYAH NURUL KARAMAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Berangkat dari asumsi penulis bahwa nahwu dan shorrof merupakan salah satu unsur kaidah dalam memahami bahasa. Kitab Alfiyah Ibnu Malik adalah salah satu kitab yang mempelajari keduanya, yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari para pengajar bahasa. Hal tersebut dikarenakan Alfiyah (Nahwu-Shorrof) membawa pengaruh yang sangat besar bagi siswa yang belajar bahasa, seperti membaca, menulis, berbicara, dan mendengar. Tanpa adanya Alfiyah (Nahwu-Shorrof), semua itu tidak akan dapat memahami teks Arab dengan sempurna. Oleh karena itu, pengajara Alfiyah (Nahwu-Shorrof) harus disajikan dengan menarik agar siswa merasa senang dan memahami apa yang disampaikan oleh guru, agar tujuan pembelajaran tercapai.
Adapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana Kesulitan Pengajaran Nahwu (Alfiyah Ibnu Malik) Di Madrasah Tsanawiyah Nurul Karomah Paterongan Galis Bangkalan madura (2) Bagaimana Solusi Terhadap Kesulitan Pengajaran Nahwu (Alfiyah Ibnu Malik) Di Madrasah Tsanawiyah Nurul Karomah Paterongan Galis Bangkalan madura.
Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif. Untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan pembahasan, maka penulis menggunakan lima metode yaitu: observasi, interview, dan dokumentasi. Setelah penulis mendapatkan data-datanya, kemudian menganalisa sesuai dengan jenis datanya.
Kemudian dari analisis tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa : (1) kesulitan yang terdapat pada pengajaran nahwu (Alfiyah ibnu malik) di madrasah tsanawiyah nurul karomah paterongan galis bangkalan disebabkan oleh kemampuan yang berbeda-beda, latar belakang kelulusan, DLL. , (2) adapun solusi yang dilakukan oleh para guru untuk mengatasi kesulitan tersebut yaitu dengan cara mengadakan latihan baik tengah semester atau akhir semester.
Demikian abstraksi penelitian tersebut mudah-mudahan dapat membantu pembaca dalam memahami skripsi ini. Amien.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ruba'i, Ruba'iUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Uncontrolled Keywords: Alfiyah Ibnu Malik; Nahwu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2009
Last Modified: 09 Feb 2015 07:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7866

Actions (login required)

View Item View Item