THARIQAH TAHFIDH NADHAM AL ALFIYAH WA TATHBIQIHA FI TANMIYAH KAFAAH QIRAAH AL KUTUB AL ARABIYAH LI THULLAB BI MA'HAD AL ISLAMIY AL SALAFIY NURUL KARAMAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukhlis, Abdul Ghofur (2009) THARIQAH TAHFIDH NADHAM AL ALFIYAH WA TATHBIQIHA FI TANMIYAH KAFAAH QIRAAH AL KUTUB AL ARABIYAH LI THULLAB BI MA'HAD AL ISLAMIY AL SALAFIY NURUL KARAMAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

Berangkat dari asumsi penulis bahwa nahwu dan shorrof merupakan salah satu unsur kaidah dalam memahami bahasa. Kitab Alfiyah Ibnu Malik adalah salah satu kitab yang mempelajari keduanya, yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari para pengajar bahasa. Hal tersebut dikarenakan Alfiyah (Nahwu-Shorrof) membawa pengaruh yang sangat besar bagi siswa yang belajar bahasa, seperti membaca, menulis, berbicara, dan mendengar. Tanpa adanya Alfiyah (Nahwu-Shorrof), semua itu tidak akan dapat memahami teks Arab dengan sempurna. Oleh karena itu, pengajara Alfiyah (Nahwu-Shorrof) harus disajikan dengan menarik agar siswa merasa senang dan memahami apa yang disampaikan oleh guru, agar tujuan pembelajaran tercapai.
Adapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana penerapan menghafal nadzom Alfiyah Ibnu Malik bagi santri di Pondok Pesantren Nurul Karomah Paterongan Galis Bangkalan, (2) Bagaimana kemampuan membaca santri di Pondok tersebut, (3) Sejauh mana kemampuan membaca santri dengan menerapkan hafalan Alfiyah di Pondok tersebut.
Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif. Untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan pembahasan, maka penulis menggunakan lima metode yaitu: observasi, interview, tes, angket, dan dokumentasi. Setelah penulis mendapatkan data-datanya, kemudian menganalisa sesuai dengan jenis datanya.
Kemudian dari analisis tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa : (1) penerapan hafalan Nadzom Alfiyah bagi santri di Pondok Pesantren Nurul Karomah Paterongan Galis Bangkalan sangat efektif dan baik, (2) kemampuan membaca bagi santri di Pondok tersebut juga baik di lihat dari tes baca yang telah di lakukan oleh penulis, (3) kemampuan membaca bagi santri dengan metode menghafal nadzom Alfiyah Ibnu Malik sangat efektif dan baik.
Demikian abstraksi penelitian tersebut mudah-mudahan dapat membantu pembaca dalam memahami skripsi ini. Amien.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukhlis, Abdul GhofurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Uncontrolled Keywords: Nadham Alfiyah; Nahwu; Pesantren; Nurul Karamah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2009
Last Modified: 06 Feb 2015 09:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7865

Actions (login required)

View Item View Item