TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK TEBAS POHON DI DESA PALEMBON KECAMATAN PRIGEN KABUPATEN PASURUAN

Octavian, Andyan Suryana (2014) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK TEBAS POHON DI DESA PALEMBON KECAMATAN PRIGEN KABUPATEN PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan yang berjudul "Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktek Tebas Pohon di Desa Palembon Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan". Skripsi ini ditulis untuk menjawab pertanyaan bagaimana praktik tebas pohon di Desa Palembon Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan? Dan Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik tebas pohon di Desa Palembon Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, proses sumber data primernya diperoleh dari pihak yang bersangkutan dalam praktik tebas pohon, yaitu penjual dan pembeli, teknik pengumpula\n datanya melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan analisis menggunakan metode deskriptif analisis yaitu memaparkan atau menjelaskan data yang diperoleh dan selanjutnya dianalisis dengan metode deduktif, yaitu memaparkan hal-hal yang bersifat umum dalam jual beli dan kemudian menganalisanya terhadap hal-hal yang bersifat khusus tentang jual beli dalam Islam
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, praktik tebas pohon di Desa Palembon Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan memperjual belikan buah apukat yang masih hijau atau belum layak panen dengan sistem borongan. Ditinjau dari hukum Islam, bahwa jual beli dengan sistem tebas pohon itu sah, karena rukun dan syaratnya terpenuhi, dalam praktik jual belinya tidak ada unsur-unsur dalam transaksi tersebut yang bertolak belakang dengan kaidah hukum Islam.
Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka penjual dan pebeli agar lebih memahami hukum jual beli yang sah menurut hukum Islam, agar dalam transaksi jual beli yang selanjutnya bisa menilai dan memilih antara yang haq dan yang bat}il.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: A.Faishal Haq
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Jual Beli; Tebas Pohon.
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2015 03:46
Last Modified: 13 Feb 2015 03:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/786

Actions (login required)

View Item View Item