PENGARUH STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI FIQIH DI MTs DARUL ULUM WARU SIDOARJO

Yunita, Novie Irma (2009) PENGARUH STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI FIQIH DI MTs DARUL ULUM WARU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Dalam dunia pendidikan dewasa ini muncul keyakinan bahwa untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien diperlukan strategi yang mampu mengaktifkan peserta didik. Berangkat dari keyakinan tersebut, muncullah istilah CBSA. Sayangnya, untuk mengaktifkan peserta didik seringkali guru hanya menggunakan metode bertanya atau diskusi, padahal banyak metode-metode dan strategi pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk mengaktifkan peserta didik.
Melalui Strategi Learning Start With a Question, siswa di tuntut untuk aktif dalam bertanya, siswa diminta untuk mempelajari materi yang akan dipelajarinya, yaitu dengan membaca terlebih dahulu. Dengan membaca maka siswa memiliki gambaran tentang materi yang akan dipelajari, sehingga apabila dalam membaca atau membahas materi tersebut terjadi kesalahan konsep akan terlihat dan dapat dibahas serta dibenarkan secara bersama-sama. Selain itu, guru memberi tugas pada siswa untuk membuat rangkuman serta membuat daftar pertanyaan, sehingga dapat terlihat berapa persen siswa yang belajar dan yang tidak belajar. Dengan membaca dapat memetik bahan-bahan pokok yang penting persoalanannya bagaimana mengaktifkan minat siswa dalam membaca dan bertanya secara sukarela tumbuh kesadaran dalam belajar. Karena itu, guru harus merancang kegiatan pembelajaran yang memungkinkan siswa melakukan kegiatan belajar secara aktif.
Dalam penelitian ini permasalahan yang akan dibahas adalah : (1)Bagaimanakah pelaksanaan strategi learning start with a question dalam pembelajaran fiqih di MTs Darul Ulum Waru-Sidoarjo? (2)Bagaimanakah hasil belajar siswa dalam bidang fiqih di MTs Darul Ulum Waru-Sidoarjo? (3)Bagaimanakah pengaruh strategi learning start with a question terhadap hasil belajar siswa dalam bidang studi fiqih di MTs Darul Ulum Waru-Sidoarjo?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya pengaruh antara variabel x dengan variabel y, sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif kuantitatif. Adapun metode pengumpulan datanya adalah metode observasi, interview, angket dan dokumentasi. Tekhnik analisa data untuk mengetahui variabel x dan variabel y menggunakan rumus prosentase dan mean atau nilai rata–rata. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh antara variabel x dan variabel y, peneliti menggunakan rumus product moment yang kemudain hasilnya di konsultasikan pada tabel product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi learning start with a question (sebesar 64,5%) mempunyai pengaruh dengan hasil belajar siswa pada bidang studi fiqih kelas VIII H MTs Darul Ulum Waru–Sidoarjo (sebesar 8,4) yang mana rxy = 0,595 jika dikonsultasikan pada tabel interpretasi besarnya antara 0,400 – 0,600 berarti dalam taraf agak rendah sedangkan taraf signifikan pada tabel product moment adalah 1% = 0,463 dan 5 % = 0,361 sehingga ro rt. Jadi hipotesis kerja diterima dan hipotesis nol ditolak.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Belajar; Learning Start with A Question; Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2009
Last Modified: 11 Feb 2015 04:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7831

Actions (login required)

View Item View Item