EFEKTIVITAS STRATEGI READING GUIDE (PANDUAN MEMBACA) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS AL-ANWAR SARANG REMBANG

Nashihah, Saifiyatun (2009) EFEKTIVITAS STRATEGI READING GUIDE (PANDUAN MEMBACA) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS AL-ANWAR SARANG REMBANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover, Abstrak dan daftar Isi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Salah satu strategi yang digunakan dalam pembelajaran adalah Reading Guide, yaitu strategi yang digunakan untuk materi yang membutuhkan waktu banyak yang tidak mungkin di jelaskan semuanya dalam kelas. Untuk mengefektifkan waktu, maka siswa di beri tugas membaca dan menjawab pertanyaan atau kisi- kisi untuk di kerjakan siswa, karena dalam penggunaan strategi tersebut, siswa juga ikut berperan aktif. Atas dorongan inilah, penulis terdorong untuk mengadakan penelitian di MTs. Al-Anwar Sarang Rembang.
Untuk mengetahui beberapa permasalah yang terdapat dalam penelitian tersebut maka dirumuskan beberapa maslah antara lain; Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan strategi Reading Guide (panduan membaca) pada materi SKI di Mts Al-Anwar Sarang-Rembang, Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran SKI dengan menggunakan strategi Reading Guide (panduan membaca) pada materi SKI di Mts Al-Anwar Sarang-Rembang, Bagaimana hasil belajar siswa di Mts Al-Anwar Sarang-Rembang, Bagaimana efektivitas strategi Reading Guide (panduan membaca) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi SKI di MTs. Al-Anwar Sarang-Rembang.
Untuk metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi dan metode tes. Dan untuk metode analisisnya menggunakan analisis kuantitatif statistic parametric yaitu dengan menggunakan uji t (uji kesamaan dua rata-rata).
Berdasarkan analisis kemampuan guru dalam mengelola Strategi Reading Guide (panduan membaca) diketahui bahwa kemampuan guru dalam mengelola strategi Reading Guide selama dua kali pertemuan termasuk kategori sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata selama dua kali pertemuan yaitu sebesar 3,4 yang berarti sesuai dengan rencana pembelajaran. Berdasarkan analisis aktivitas siswa selama mengikuti strategi reading guide (panduan membaca) dapat diketahui bahwa aktivitas siswa tergolong aktif, hal ini sesuai denga jumlah rata-rata sebesar 78,2 % sedangkan jumlah rata-rata aktivitas tidak aktif siswa selama dua kali pertemuan sebesar 21,8 %. Sedangkan hasil belajar siswa dalam strategi reading guide (panduan membaca) termasuk baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata prosentase ketercapaian skor post test siswa kelas eksperimen telah tercapai sebesar 9,49 maka strategi reading guide (panduan membaca) efektif Berdasarkan hasil analisis data statistik dengan perhitungan uji t dengan hasil : 4,651 : 2,00 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya aplikasi strategi reading guide (panduan membaca) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sejarah Kebudayaa Islam di MTs Al- Anwar Sarang Rembang berarti strategi reading guide dapat meningkatkan hasil belajar.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Reading Guide; Panduan Membaca; Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan
Prophetic Intelligence
Pendidikan > Media
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2009
Last Modified: 09 Feb 2015 02:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7822

Actions (login required)

View Item View Item