Efektifitas teori Successful Intelligence dalam meningkatkan prestasi belajar PAI di SDN Sumbertebu 1 Bangsal Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Anita Rahma (2009) Efektifitas teori Successful Intelligence dalam meningkatkan prestasi belajar PAI di SDN Sumbertebu 1 Bangsal Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anita Rahma Hidayati_D31304013.pdf

Download (790kB)

Abstract

Ketika ada anak sekolah yang mendapat ranking satu di sekolah maka orang tua, guru dan masyarakat menganggap bahwa si anak tersebut adalah anak cerdas. Sedangkan anak yang tidak mendapat ranking disebut anak bodoh. Wacana ini, sepertinya sudah mendarah daging di lingkungan masyarakat kita. Apa akibat bagi anak-anak tersebut? Akibat terburuknya adalah mereka menjadi yakin sepenuhnya, bahwa mereka anak yang pintar. Mereka memandang diri sendiri sebagai siswa-siswi yang bodoh, tidak memiliki masa depan dan tidak akan sukses. Mereka akan mudah menyerah saat menghadapi kesulitan, tidak percaya diri, ragu-ragu dan tidak memiliki tujuan tertinggi. Itulah tanggapan masyarakat umum tentang intelegensi atau kecerdasan yang diartikan sebagai kemampuan individu dalam menghadapi masalah dan memecahkannya secara efektif. Jika ada anak mendapat ranking pertama berarti cenderung dikatakan sebagai anak cerdas. Bahkan, ada beberapa orang yang mengukur kecerdasan seseorang dari penampilan luarnya saja. Indikator itu nampak pada anak yang berbaju rapi, berkaca mata dan sebagainya. Anak seperti ini, dianggap sebagai anak yang cerdas. Salah satu alternatif yang ditempuh untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan Teori Succesful Intelligence. Menurut Scenberg (1997), yaitu teori kecerdasan sukses atau yang disebut successful intelligence. Teori ini menegaskan bahwa untuk meraih kesuksesan di masa depan, anak perlu mengembangkan tiga kecerdasan utama yaitu kecerdasan analitis, kecerdasan kreatif dan kecerdasan praktis. Kecerdasan analitis berfungsi untuk melakukan analisis terhadap suatu permasalahan yang biasa digunakan dalam dunia akademik. Kecerdasan kreatif merupakan kecerdasan untuk menciptakan inovasi baru, mengembangkan suatu produk menjadi suatu yang baru. Kecerdasan berkembang secara seimbang untuk memecahkan persoalan hidup sehari-hari. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1.Bagaimana penerapan teori succesfull intelligence di SDN Sumbertebu 1 Bangsal Mojokerto? 2. Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa pada materi PAI di SDN Sumbertebu 1 Bangsal Mojokerto? 3. Bagaimana efektivitas teori succesfull intelligence dalam meningkatkan prestasi belajar PAI di SDN Sumbertebu 1 Bangsal Mojokerto?

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Anita Rahma--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Successful Intelligence; Prestasi Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2009
Last Modified: 22 Jan 2019 06:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7815

Actions (login required)

View Item View Item