KEEFEKTIFAN STRATEGI BELAJAR THE POWER OF TWO DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS DARUSSALAM SUKODADI LAMONGAN

Larasati, Fatimah Atik (2009) KEEFEKTIFAN STRATEGI BELAJAR THE POWER OF TWO DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS DARUSSALAM SUKODADI LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran, untuk mencapai tujuan pembelajaran perlu disusun suatu strategi agar tujuan itu tercapai dengan optimal. Tanpa suatu strategi yang cocok,tepat dan jitu, tidak mungkin tujuan dapat tercapai. Dalam penelitian ini penulis menggunakan strategi the power of two agar keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran lebih meningkat. Dengan menggunakan strategi pembelajaran the power of two diharapkan dapat meningkatkan belajar lebih aktif dengan pemberian tugas belajar yang dilakukan dalam dalam kelompok kecil siswa. Strategi the power of two ini dirancang untuk memaksimalkan belajar kolaboratif (bersama) dan meminimalkan kesenjangan antara siswa yang satu dengan siswa yang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi belajar the power of two dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Darussalam Sukodadi Lamongan pada siswa kelas VII MTs Darussalam Sukodadi Lamongan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian PreExperimental Design yaitu penelitian yang menggunakan one group design pre test dan post test yang dilakukan pada satu kelas tanpa menggunakan kelompok pembanding. Didalam design ini obsevasi dilakukan 2 kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan uji t (t-tes).
Hasil analisis yang diperoleh setelah dilakukan pengujian hipotesis adalah : (1) Strategi the power of two efektif dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlaq khususnya pokok bahasan akhlaq tercela. hal ini dapat dilihat dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan strategi the power of two secara keseluruhan mendapatkan nilai 3, 3 dengan mendapakan kriteria nilai baik. (2) Dari hasil observasi ketrampilan siswa strategi ini tepat digunakan pada pokok bahasan akhlaq tercela karena siswa sangat antusias sehingga ketrampilan siswa secara keseluruhan mendapatkan nilai 3,1 dengan kriteria nilai baik. (3) Strategi belajar the power of two lebih efektif digunakan pada pokok bahasan akhlaq tercela. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal tercapai. Dan keberhasilannya meningkat setelah diterapkan strategi the power of two. Sehingga Implementasi startegi the power of two pada bidang studi Aqidah Akhlaq sangat tepat sekali, anak akan mudah menguasai dan memahami apa yang disampaikan oleh seorang guru baik ajaran yang berbentuk konsep-konsep atau prinsip-prinsip dalam mata pelajaran aqidah akhlaq.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Belajar The Power Of Two; Keberhasilan Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2009
Last Modified: 06 Feb 2015 07:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7814

Actions (login required)

View Item View Item