Peran Multimedia Interaktif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Al Hikmah Surabaya

Mazidah, Nur (2009) Peran Multimedia Interaktif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Al Hikmah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Mazidah_D01205158.pdf

Download (596kB) | Preview

Abstract

Kesulitan belajar merupakan hal yang niscaya bagi peserta didik, namun keniscayaan ini bisa diminimalisir bahkan dihilangkan. Ini merupakan kewajiban seorang pendidik untuk mencari jalan keluar atau mencari solusi dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Kemajuan teknologi dan informasi dapat dimanfaatkan oleh pendidik untuk melancarkan proses pembelajaran. Baru-baru ini dikenal dengan multimedia interaktif yang memiliki keistimewaan yang dimungkinkan bisa mengatasi atau meminimalisir kesulitan belajar siswa. Salah satu sekolah yang menggunakan multimedia interaktif adalah SMA Al-Hikmah Surabaya. Untuk itu penulis mengambil judul penelitian Peran Multimedia Interaktif Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Al-Hikmah Surabaya. Adapun rumusan masalah yang akan diteliti adalah bagaimana Penerapan multimedia interaktif dalam mata pelajaran PAI di SMA Al-Hikmah?, Bagaimana kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Al-Hikmah? Dan bagaimana peran multimedia interaktif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMA Al-Hikmah? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan multimedia interaktif, kesulitan belajar dan Peran multimedia interaktif di SMA Al-Hikmah Surabaya. Jenis penelitian analitik-kuantitatif dengan pendekatan survai. Penelitian ini merupakan penelitian sampel yang menggunakan tehnik Purposive sampling (sampel bertujuan) karena yang menggunakan multimedia interaktif dan materi yang menjadi obyek penelitian disini adalah materi perawatan jenazah adalah kelas XI SMA dari populasi seluruh siswa SMA Al-Hikmah. Untuk memperoleh data-data penelitian ini menggunakan metode penggalian data berupa penyebaran angket, dokumentasi digunakan untuk data-data seperti struktur organisasi sekolah, kurikulum, visi dan misi sekolah, jumlah guru, keadaan responden dll. Wawancara digunakan untuk mengetahui keadaan kesulitan belajar siswa kepada guru PAI dan masalah pengembangan multimedia di SMA Al-Hikmah dan sejarah berdirinya SMA Al-Hikmah. Observasi meliputi observasi kelas (indoor) dan observasi di luar kelas. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisa prosentasi dan teknik analisa product moment. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis alternative yaitu apakah multimedia interaktif berperan dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dan hipotesis nihil apakah multimedia interaktif tidak berperan dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Penelitian ini membuktikan bahwa ada hubungan yang berlawanan antara penerapan multimedia interaktif dengan kesulitan belajar, dengan maksud semakin maksimal penerapan multimedia interaktif maka semakin kecil keadaan kesulitan belajar siswa. Dengan demikian multimedia interaktif berperan dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dengan kata lain hipotesis alternative diterima dan hipotesis nihil ditolak.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rusydiyah, Evi Fatimatur
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif; kesulitan belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2009
Last Modified: 29 Nov 2018 04:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7812

Actions (login required)

View Item View Item