PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYEBUTKAN KEGUNAAN PANAS DAN CAHAYA MATAHARI MATA PELAJARAN IPA DENGAN METODE THE LEARNING CELL PADA SISWA KELAS II-B MI ISLAMIYAH GELURAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Hafidzotul (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYEBUTKAN KEGUNAAN PANAS DAN CAHAYA MATAHARI MATA PELAJARAN IPA DENGAN METODE THE LEARNING CELL PADA SISWA KELAS II-B MI ISLAMIYAH GELURAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (512kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah siswa kurang memiliki kemampuan menyebutkan kegunaan panas dan cahaya matahari yang disebabkan karena kurangnya penguasaan materi, pemahaman siswa, kurang menariknya guru dalam menyampaikan materi. Dari 31 siswa, hanya 13 siswa (42%) yang tuntas mencapai KKM 75 sedangkan 18 siswa (58%) yang masih belum tuntas. Untuk meningkatkan kreatifitas siswa tersebut, peneliti mengambil tindakan melalui metode The Learning Cell yang dilakukan dengan dua siklus.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Bagaimanakah penerapan metode pembelajaran The Learning Cell di MI Islamiyah Geluran Sidoarjo ? (2) Bagaimana peningkatan kemampuan menyebutkan mata pelajaran IPA pada siswa kelas II-B setelah diterapkannya metode pembelajaran The Learning Cell di MI Islamiyah Geluran Sidoarjo?.
Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Model PTK yang digunakan yaitu model Kurt Lewin. Yang mana dalam satu siklus terdapat empat komponen, meliputi : Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi.adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menyebutkan kegunaan panas dan cahaya matahari dengan menggunakan metode The Learning Cell berjalan dengan baik melalui perbaikan-perbaikan di tiap siklusnya. Setelah dilakukan penelitian, diketahui pada siklus I perolehan skor aktifitas guru adalah 51 yang meningkat menjadi 92 pada siklus II. Dan untuk aktifitas siswa juga meningkat dari perolehan skor 40 pada siklus I menjadi 63 pada siklus II. Sedangkan untuk ketuntasan belajar, pada siklus I diperoleh 65% yang meningkat menjadi 87% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Evi Fatimatur Rusydiyah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, HafidzotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: IPA; Metode The Learning Cell
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2015 03:33
Last Modified: 13 Feb 2015 03:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/781

Actions (login required)

View Item View Item