Konsep belajar Konstruktivisme Jean Piaget dalam pembelajaran pendidikan Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Eny Isnin (2009) Konsep belajar Konstruktivisme Jean Piaget dalam pembelajaran pendidikan Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Masalah pokok yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana konsep belajar konstruktivisme Jean Piaget dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam?, sedangkan masalah sub pokok yang diteliti antaralain, (1)bagaimana konsep belajar konstruktivisme dalam skemata?, (2) bagaimana konsep belajar konstruktivisme dalam asimilasi?, (3) bagaimana konsep belajar konstruktivisme dalam akomodasi?, (4) bagaimana konsep belajar konstruktivisme dalam equilibrasi? Dilatar belakangi oleh kegiatan pembelajaran yang selama ini berlangsung, banyak didominasi oleh guru Guru menyampaikan materi pelajaran melalui ceramah, dengan harapan siswa dapat memahaminya dan memberikan respon sesuai dengan materi yang diceramahkan. Praktek-praktek pembelajaran di Indonesia yang masih mengandalkan pada cara-cara lama yang menganggap anak hanya perlu melaksanakan kewajiban yang telah digaris bawahi oleh guru dan kurikulum serta cenderung sangat mengutamakan prestasi akademik saja perlu dikaji ulang, karena sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan masyarakat. Jean Piaget memperkenalkan penelitiannya yang berkaitan dengan belajar konstruktivisme. Teorinya menghilangkan anggapan bahwa yang ada selama ini dalam proses belajar, anak itu tidak tahu apa-apa, sehinggapendidik hams mencekoki mereka dengan macam-macam hal dengan cara doktrinasi, sehingga siswa hanya menerima secara pasif tanpa boleh mengajukan pertanyaan secara kritis. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah metode dokumenter. Dan teknik analisa data tersebut bersifat deskriptif analitif, dari penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deduktif.
Dari penelitian ini, hal yang sangat penting dalam konsep belajar konstruktivisme adalah dalam proses belajar siswalah yang hams mendapatkan tekanan. Merekalah yang hams aktif mengembangkan pengetahuan mereka, bukan guru ataupun orang lain. Adapun konsep belajar konstruktivisme Jean Piaget antara lain: Skema, asimilasi, akomodasi, dan equilibrasi.
Selayaknya seorang guru menerapkan konsep belajar konstruktivisme Jean Piaget dalam pembelajarannya, khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Namun, kiranya sulit menjalankan teori ini secara penuh akan tetapi berguna dan dapat membantu kemajuan anak didik di kemudian hari, bila para pendidik dapat membantu agar anak didik sungguh-sungguh belajar mengkonstruksi pengetahuan mereka selama dalam bangku sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Eny Isnin--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Prophetic Intelligence
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Konsep Belajar Konstruktivisme; Jean Piaget
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2009
Last Modified: 09 Oct 2018 08:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7800

Actions (login required)

View Item View Item