UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI GAYA SISWA KELAS V MI DARUL ULUM TAMBAK REJO WARU SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyudi, Muhammad Anas (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI GAYA SISWA KELAS V MI DARUL ULUM TAMBAK REJO WARU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan pada saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam khususnya pada hasil belajar dengan materi gaya siswa kurang memenuhi KKM dikarenakan semangat belajar siswa kurang, hanya mengacu pada buku paket, siswa tidak diaktifkan dalam proses pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang tidak efektif dan variatif, dan kurangnya sarana belajar.Dengan penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah khususnya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam guru dapat menggali pengetahuan siswa untuk membentuk konsep-konsep kearah pemahaman dan pembelajaran yang lebih baik, saat terjadi pembentukan konsep, siswa memerlukan benda konkrit untuk bereksperimen dan menemukan ide-ide baru dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar yang sesuai dengan KKM.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah pada pembelajaran IPA siswa kelas V MI Darul Ulum Tambak Rejo Waru Sidoarjo? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA siswa dengan penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah pada siswakelas V MI Darul Ulum Tambak Rejo Waru Sidoarjo?.
Untuk memperoleh hasil penelitian, dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Pada pendekatankualitatif peneliti mengambil data dengan cara observasi dan wawancara pada guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan beberapa siswa. Model PTK yang digunakan yaitu model Stephen Kemmis dan Robbhin Mc Taggart yang dalam satu siklus atau putarannyaa terdiri dari empat komponen, meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Penelitian ini terlaksana dalam dua siklus, data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: pada siklus I rata–rata hasil belajar siswa 73,74 dengan prosentase 40,74%. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yang hasil rata–rata 88,59 dengan prosentase 81,48%. Dari data tersebut dapat dismpulkan bahwa SPBM dapat meningkatkan hasil belajar IPA di MI DARUL ULUM TAMBAK REJO WARU SIDOARJO.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Zudan Rosyidi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyudi, Muhammad AnasUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; IPA; Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2015 03:20
Last Modified: 13 Feb 2015 03:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/779

Actions (login required)

View Item View Item