PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN POINT COUNTERPOINT TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS XII DI SMAN 2 MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Dewi (2009) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN POINT COUNTERPOINT TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS XII DI SMAN 2 MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), hal ini disebabkan pembelajaran PAI yang dilaksanakan di sekolah- sekolah masih berjalan secara konvensional yakni pembelajaran yang menerapkan guru sebagai pemberi informasi, guru kurang memberikan ruang pada siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran, dimana siswa dapat berperan aktif dan lebih terampil dalam segala bidang. Oleh karena itu, tuntutan terhadap dunia pendidikan untuk memberikan ruang kepada siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat berperan aktif dan dapat berfikir kreatif serta kritis.
Salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk mengatasi hal tersebut yakni untuk megaktifkan belajar siswa adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran point counterpoint (saling beradu pendapat), strategi ini merupakan salah satu salah satu strategi pembelajaran yang dalam pelaksanaanya setiap siswa bisa mengeluakan argumen atau pendapatnya dalam berbagai perspektif dari masalah yang di ajukan.
Masalah yang di angkat dalam penelitian ini adalah:1)bagaimana penerapan strategi pembelajaran point counterpoint, 2) bagaimana keaktifan belajar siswa dengan menggunakan strategi pembeljaran point counterpoint, 3)adakah pengaruh penerapan strategi pembelajaran point counterpoint terhadap keaktifan belajar siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Mojokerto yang terdiri dari tujuh kelas, dalam penelitian ini diambil secara acak ( random), dan hasil yang dijadikan sample dalam penelitian ini adalah kelas XII 4.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kwantitatif dan kwalitatif serta menggunakan rancangan one group pretest postest design, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test, interview, dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah analisis statistik untuk menganalisa data kuantitatif dan analisis non statistik yang digunakan untuk menganalisis data kwalitatif.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh: kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan strategi point counterpoint adalah sangat baik yaitu dengan nilai rata-rata 3,84. Hasil analisis untuk keaktifan belajar siswa selama kegiatan pembelajaran dengan strategi point counterpoint tergolong baik yaitu dengan nilai rata-rata 3,73. Dan berdasarkan hasil analisis data statistik dengan perhitungan Wilcoxen pada taraf signifikan 5% diperoleh t0 sebesar 8,7 dan tt sebesar 2,02 berarti t0 tt. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran point counterpoint terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XII di SMA Negeri 2 Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, DewiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Point Counterpoint; Keaktifan Belajar Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2009
Last Modified: 11 Feb 2015 04:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7771

Actions (login required)

View Item View Item