Hubungan Antara Hafalan Al-Qur`An (Juz `Amma) Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Pada Bidang Studi Al-Qur`An Hadits Di Man Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chotimah, Chusnul (2009) Hubungan Antara Hafalan Al-Qur`An (Juz `Amma) Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Pada Bidang Studi Al-Qur`An Hadits Di Man Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chusnul Chotimah_D01205226.pdf

Download (834kB)

Abstract

Penelitian ini tentang hubungan hafalan Al-Qur`an(Juz `Amma) dengan prestasi belajar siswa yang di khususkan pada hasil belajar (raport) siswa dengan populasi kelas XI dan kelas XI IPA I sebagai sampel di MAN Lamongan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif., dimana analisisnya menggunakan korelasi rumus prodack moment karena merupakan penelitian bersifat korelasi. Dan dalam hal ini data yang diperoleh melalui beberapa teknik diantaranya adalah observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Adapun data yang diperoleh untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Penerapan hafalan Al-Qur`an (Juz `Amma) kelas XI IPA I di MAN Lamongan yang diterapkan sesuai dengan hasil observasi dan berdasarkan hasil angket tergolong cukup baik, hal ini dapat dilihat dari analisis data melalui prosentase diperoleh sebesar 61,3% yang berada diantara 56% – 75%, maka dari itu dapat diketahui bahwa penerapan hafalan Al-Qur`an (Juz`amma) kelas XI IPA I termasuk kategori cukup baik. 2. Prestasi belajar siswa kelas XI IPA I pada bidang studi Al-Qur`an Hadits di MA Negeri Lamongan sesuai dengan hasil belajar (raport) siswa adalah lulus. Hal ini bisa dilihat dari data melalui nilai rata-rata kelas XI IPA 1 yang diatas standart kategori kelulusan bidang study Al-Qur`an Hadits yaitu 7.0 atau 70. 3. hafalan Al-Qur`an (Juz `Amma) ada hubungan dengan prestasi belajar siswa kelas XI pada bidang studi Al-Qur`an Hadits di MAN Lamongan. Hal ini dapat diketahui dari hasil formulasi statistik produck moment dengan hasil 0,7.yang terletak antara 0,600-0,800 pada tabel angka korelasi r. Untuk itu penulis dapat menyarankan kepada pembaca maupun guru-guru PAI untuk mencoba menerapkan hafalan Al-Qur`an (Juz `Amma) pada bidang study Al-Qur`an Hadits. Dengan harapan semoga berhasil dan sukses.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chotimah, ChusnulUNSPECIFIEDD01205226
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com197005121995031002
Subjects: Pendidikan > Hafalan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Hafalan Al Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2009
Last Modified: 20 Aug 2019 04:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7702

Actions (login required)

View Item View Item