Konsep metode Pendidikan Islam: studi pemikiran Prof. Dr. H.M. Quraish Shihab, MA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qonitah, Mar'atin (2009) Konsep metode Pendidikan Islam: studi pemikiran Prof. Dr. H.M. Quraish Shihab, MA. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mar'atin Qonitah_D01205212.pdf

Download (660kB)

Abstract

Penulis mengambil pemikiran M. Quraish Shihab didasari oleh keinginan mendalami pemikiran Quraish Shihab mengenai metode pendidikan Islam, M. Quraish Shihab adalah tokoh yang sering berbicara mengenai pendidikan. Pemikirannya selalu mengacu kepada al-Qur'an dan senantiasa dikontekskan dengan perkembangan zaman, M. Quraish Shihab berperan cukup besar dalam perkembangan Islam terutama di Indonesia melalui beberapa tafsir dan hasil karya-karyanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep metode pendidikan Islam menurut Prof. Dr. H.M. Quraish Shihab, MA.
Untuk memperoleh hasil penelitian, penulis menggunakan library research dengan pendekatan deskriptif terhadap data (primer dan sekunder) yang bersifat kualitatif, serta menggunakan berbagai metode yaitu content analysis dan didukung dengan metode deduktif, induktif dan komparatif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa metode pendidikan Islam menurut M. Quraish Shihab adalah metode dialog yang menghantarkan siswa untuk berani mengemukakan pendapat kemudian pendidik yang meluruskan jawaban-jawaban dari siswa, metode keteladanan yang menjadikan siswa merubah perilakunya dan mencontoh segala tindakan yang dijadikan teladan bagi siswa, metode nasihat yang menyandarkan siswa dalam setiap tindakannya, metode kisah yang mengarahkan siswa mencari pengalaman dan mampu mengambil hikmah dari kisah tersebut, metode pembiasaan yang mengarahkan siswa senantiasa membiasakan perilaku baik, serta metode sanksi yang mempengaruhi siswa menghindari segala macam bentuk pelanggaran dan metode ganjaran yang merangsang siswa senantiasa meningkatkan prestasinya. Semua metode tersebut selain membangun siswa berani mengemukakan pendapat, mencari solusi tetapi juga membangun karakter siswa dan pendidikan moral yang baik pada siswa. Sementara jika melihat metode pendidikan saat ini bertolak belakang dengan metode yang diungkap Quraish Shihab, metode sekarang seperti metode discovery, metode brain storming, metode simulasi, metode inquiry, metode hafalan dan lain-lain. Hanya menitikberatkan pada murid dan guru hanya sebagai motivator dan fasilitator sehingga pembentukan moral pada siswa terabaikan. Oleh karena itu sebagai pendidik hendaknya mempelajari dan mempraktekkan metode pendidikan Islam yang terdapat dalam al-Qur'an agar tujuan pendidikan tercapai secara optimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qonitah, Mar'atin--UNSPECIFIED
Subjects: Prophetic Intelligence
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode Pendidikan Islam; pemikiran tokoh; M. Quraish Shihab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2009
Last Modified: 22 Jan 2019 01:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7700

Actions (login required)

View Item View Item