Konsep pendidikan Islam perspektif Mahmud Yunus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Niswatin (2009) Konsep pendidikan Islam perspektif Mahmud Yunus. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Niswatin Hasanah_DO1205198.pdf

Download (485kB) | Preview

Abstract

Pada abad ke-20 situasi pendidikan Islam di Indonesia pada umumnya masih bercorak tradisional. Kurikulum yang digunakan pada berbagai lembaga pendidikan Islam masih bercorak dikotomis antara ilmu agama dan ilmu umum. Orientasi pengajaran masih bertumpu pada penguasaan materi melalui sistem hafalan yang serba verbalistik. Yakni mampu mengucap tapi tidak mengerti maksud tujuannya, apalagi mengamalkannya. Dalam kajian ini penulis memfokuskan pembahasan tentang bagaimana konsep pendidikan Islam menurut Mahmud Yunus, sebagai tokoh pembentukan pendidikan Islam.
Hal ini dapat dilihat dari pemikiran beliau dalam mendeskripsikan tujuan pendidikan, kurikulum, metode, guru dalam pendidikan Islam, dalam menggambarkan tujuan pendidikan Islam, manusia berakhlak mulia dan mampu mengembangkan seluruh potensi yang ada dalam dirinya. Sedangkan dalam pembuatan kurikulum, beliau menerapkan kurikulum integrated, yaitu mamadukan ilmu agama dan ilmu umum di lembaga pendidikan Islam. Adapun metode pembelajaran yang diterapkan oleh Mahmud Yunus, tidak hanya cenderung pada metode ceramah saja, tetapi beliau menggunakan metode pengajaran yang bervariasi dan disesuaikan dengan materi pelajaran tersebut sehingga antara materi pembelajaran akan terintegrasi. Sedangkan guru yang diharapkan oleh Mahmud Yunus adalah menekankan agar setiap guru bisa hidup dan bertempat tinggal di tengah-tengah peserta didik, sehingga komunikasi antara guru dengan murid dapat dilakukan dengan penuh kasih sayang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Niswatin--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Uncontrolled Keywords: Konsep pendidikan Islam; Mahmud Yunus; kurikulum integrated
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2009
Last Modified: 29 Nov 2018 05:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7698

Actions (login required)

View Item View Item