Strategi pemasaran melalui media massa di SMA Khadijah Surabaya

Nuha, Ulin (2009) Strategi pemasaran melalui media massa di SMA Khadijah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Persaingan dalam dunia pendidikan memang begitu ketat, apalagi di kota Surabaya yang merupakan kota metropolitan. Hal ini tentunya menjadi sinyal positif dalam hal peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan. Apabila hal ini tidak ditanggapi dengan positif, maka sekolah tersebut akan semakin ketinggalan informasi yang sedang berkembang pada sektor dunia pendidikan. Inovasi pemasaran lembaga pendidikan (sekolah) memang lagi kreatif-kreatifnya. Dalam hal ini, tentunya mereka awali dengan melakukan riset mengenai tren masyarakat konsumen pendidikan. Dan pada tahap selanjutnya adalah berinovasi untuk meliput semua kegiatan tersebut melalui media massa. Pemasaran sekolah sangat dibutuhkan bagi lembaga dalam membangun citranya yang positif, karena ketika lembaga atau sekolah tersebut memiliki citra yang baik di mata masyarakat, besar kemungkinan ia akan lebih mudah dalam mengatasi persaingan. Pemasaran sekolah yang cerdas adalah pemasaran pendidikan yang punya perencanaan yang matang dan jitu. Dalam penelitian ini, masalah yang diteliti adalah strategi pemasaran melalui media massa di SMA Khadijah Surabaya, tujuan serta faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran melalui media massa di SMA Khadijah Surabaya. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data meliputi key informan dan informan. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumen. Adapun teknik analisis data meliputi: induktif dan deskriptif. Hasil dari penelitian ini, yaitu: dalam menjalankan pemasaran pendidikan, SMA Khadiajh telah menyiapkan tenaga pendidik yang professional, media pembelajaran yang lengkap, lokasi yang strategis, serta menggunakan kurikulum bertaraf internasional. Sedangkan dalam pemasaran SMA Khadijah lebih memprioritaskan untuk mempublikasikan prestasi dan fasilitasnya dengan menjalin kerjasama dengan media massa. SMA Khadijah Surabaya dalam melakukan pemasaran ini ditujukan kepada masyarakat nahdliyyin dan masyarakat secara luas, dan bertujuan agar masyarakat mengenal, membaca, dan mendengar yang pada akhirnya adalah memilih SMA Khadijah sebagai pilihan yang tepat. Faktor yang mendukung dalam pemasaran ini adalah antara SMA media massa saling membutuhkan, adanya kepercayaan, saling menghormati, media yang digunakan juga mempunyai dampak yang sangat mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak adanya evaluasi, informasi bersifat sekilas dan sesaat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Asrohah, Hanun
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Media Massa
Subjects: Media Massa
Manajemen Strategi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2009
Last Modified: 23 May 2018 04:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7694

Actions (login required)

View Item View Item