UPAYA MANAJEMEN PT. SEMEN INDONESIA DALAM PENCITRAAN PERUSAHAAN DENGAN MEDIA MASSA : STUDI PADA HUMAS PT. SEMEN INDONESIA (PERSERO) TBK

Noerhayati, Minthuk (2014) UPAYA MANAJEMEN PT. SEMEN INDONESIA DALAM PENCITRAAN PERUSAHAAN DENGAN MEDIA MASSA : STUDI PADA HUMAS PT. SEMEN INDONESIA (PERSERO) TBK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti mangangkat dua fokus penelitian, yaitu: (1) Bagaimana upaya Humas PT. Semen Indonesia dalam pencitraan perusahaan dengan media massa, (2) Apa tantangan dan peluang Humas PT. Semen Indonesia dalam pencitraan perusahaan dengan media massa.
Untuk menjawab fokus penelitian tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode penelitian deskriptif kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai upaya humas PT Semen Indonesia dalam pencitraan perusahaan dengan media massa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analaisis data model interaktiif Miles dan Hubermen, sehingga diperoleh beberapa kegiatan untuk menjalin hubungan dengan media massa demi pencitraan perusahaan.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Upaya Humas dengan media massa berupa, berbagai kegiatan yang dilakukan Humas dengan media massa, merupakan kegiatan wajib yang dilakukan Humas sebagai komunikasi korporat dalam menyebarluaskan informasi, kinerja perusahaan, dan kegiatan yang ada di PT Semen Indonesia. Kegiatan Humas dengan media massa dapat dikategorikan menjadi 2, formal dan informal. Kegiatan formal yaitu; press release, conference pers/jumpa pers, press tour, kunjungan media, beriklan, contingency plan, dan kegiatan non formal yaitu; resepsi pers dan kontak pribadi. Kegiatan tersebut merupakan bentuk transparansi perusahaan kepada publiknya, untuk itu Humas menjalin hubungan baik dan memberikan pelayanan kepada media untuk mempermudah publikasi dan mendapatkan berita yang berimbang. Dalam menjalin hubungan dengan media, Humas menggandeng semua media baik cetak, elektronik maupun online dengan mempertimbangkan wilayah tempat keberadaan pabrik dan wilayah pasarnya. Menjalin komunikasi timbal balik dengan media dapat menciptakan saling pengertian dan meredam konflik diantara keduanya, sehingga diharapkan dapat membentuk dan meningkatkan citra positif perusahaan dimata masyarakat. (2) Tantangan yanga ada adalah media melihat news value dan kurangnya keterampilan wartawan dalam membuat berita. Dan peluang yang didapat adalah dapat mempermudah publikasi sehingga citra perusahaan mudah dibentuk dan mempercepat pertumbuhan dan perkembagan perusahaan dengan meningkatnya laba perusahaan.
Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang dapat dijadikan pertimbangan bagi Biro Humas PT Semen Indonesia adalah (1) mengadakan pelatihan seputar profesi kehumasan (2) memberikan perhatian khusus pada media untuk lebih menarik media dalam publisitas perusahaan

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Yusuf Amrozi
Uncontrolled Keywords: Upaya Humas; Pencitraan Perusahaan; Media massa
Subjects: Dakwah > Dakwah - Manajemen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2015 02:43
Last Modified: 13 Feb 2015 02:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/766

Actions (login required)

View Item View Item