PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PRACTICE-REHEARSAL PAIRS SISWA KELAS III MI MA’ARIF PADEMONEGORO SUKODONO SIDOARJO

Maziyah, Nur (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PRACTICE-REHEARSAL PAIRS SISWA KELAS III MI MA’ARIF PADEMONEGORO SUKODONO SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil temuan siswa kelas III MI Ma’arif Pademonegoro kurang dari 50% nilai keterampilan berbicara mereka yang mencapai KKM 75. Hal tersebut disebabkan karena beberapa factor yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal yang dimaksudkan adalah pengaruh penggunaan bahasa Indonesia di lingkungan keluarga dan masyarakat. Sedangkan faktor internal adalah faktor yang mempengaruhi berlangsungnya pembinaan dan pengembangan pembelajaran bahasa Indonesia di SD/MI. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Practice-rehersal Pairs (latihan praktek berpasangan), karena peneliti merasa tipe ini adalah tipe yang cocok untuk materi bertelepon, dimana dalam proses pembelajaran guru dapat melatih kemampuan siswa secara efektif dan dapat memperoleh feedback yang berguna pada masing-masing peserta didik.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan model PTK yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart yang dalam setiap siklusnya terdiri dari empat langkah yaitu tahap perencanaan (planning), tindakan (acting), tahap observasi (observing), dan tahap refleksi (reflecting), yang
dilaksanakan dengan dua siklus. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui : 1)Bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Practice-rehearsal Pairs dalam pembelajaran berbicara mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III MI Ma’arif Pademonegoro Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III MI Ma’arif Pademonegoro Sidoarjo setelah menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Practice-rehearsal Pairs?.
Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Practice-rehearsal Pairs dalam keterampilan berbicara mata pelajaran Bahasa Indonesia materi bertelepon dilakukan dengan cara: guru membentuk siswa secara berpasangan (2 orang) untuk mempraktekkan keterampilan berbicara bertelepon, yang satu berperan sebagai penanya (penelepon) yang bertugas mengajukan pertanyaan dan satunya lagi sebagai penjawab (yang ditelepon) yang bertugas menjawab pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara Bahasa Indonesia materi bertelepon dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Practice-rehearsal Pairs, data yang diperoleh dari tes kemampuan berbicara siswa pada aspek yang dinilai meliputi: keberanian, kosakata, susunan kata, kelancaran, dan intonasi, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata tes siswa adalah 72,6 dan ketuntasan belajar mencapai 60% dengan jumlah siswa yang tuntas belajar 12 siswa. Pada siklus II, diperoleh nilai ratarata tes siswa adalah 80,2 dan ketuntasan belajar mencapai 80% dengan jumlah siswa yang tuntas belajar 16 siswa. Hasil tersebut menunjukkan secara klasikal sudah mengalami ketuntasan karena sudah mencapai diatas KKM 75.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Maunah Setyawati
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara; Strategi Pembelajaran Aktif; Tipe Practice-Rehearsal Pairs
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2015 02:13
Last Modified: 13 Feb 2015 02:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/758

Actions (login required)

View Item View Item