AKHRUF AL ‘ATHAF WA MA’AANIHA FI SURAH AL WAAQI’AH : DIRASAH NAHWIYYAH

Krisna, Ayu (2014) AKHRUF AL ‘ATHAF WA MA’AANIHA FI SURAH AL WAAQI’AH : DIRASAH NAHWIYYAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Al-qur’an merupakan mu’jizat yang diturunkan kepada nabi Muhammad melalui perantara malaikat yang tertilis dan muskhaf dan disampingkan kepada umatnya secara mutawatir, yang diawali dengan surat Al-fatihah dan diakhiri dengan surat An-Nas dan untuk orang yang membaca dinamakan ibadah. Dalam skripsi ini, peneliti memilih surat Al-Waaqi’ah sebagai objek penelitian karena merupakan salah satu surat ke-65 dalam Al-qur’an, dan surat ini terdiri atas 65
ayat dan termasuk golongan surat Al-makiyah, yaitu surat yang diturunkan sesudah Ta Ha ini dinamakan surat Al-Waaqi’ah (hari kiamat), yang diambil dari perkataan Al-Waaqi’ah yang terdapat pada ayat pertama, yang mana didalamnya berisi tentang huru hara diwaktu terjadinya hari kiamat, yaitu golongan yang bersegera menjalankan kebaikan, golongan kanan dan golongan yang tercela, serta balasan yang diperoleh pada masing-masing golongan, dan bantahan Allah terhadap orang-orang yang mengingkari adanya tuhan.
Dalam memahami bahasa arab yang merupakan bahasa induk Al-qur’an tidak akan lepas dari beberapa perangkat ilmu yang penting, yang salah satunya adalah Ilmu Nahwu yaitu Ilmu yang mempelajari tentang perubahan akhir kalimat disertai dengan kaidah-kaidah yang dengannya diketahui bentuk-bentuk kata bahasa arab dan keadaannya ketika berdiri sendiri dan dalam susunan kalimat.
Sekripsi ini mengandung dua rumusan masalah, pertama ada berapa jumlah huruf-huruf athaf yang ada dalam surat Al-Waaqi’ah dan apa saja makna huruf-huruf athaf dan surat Al-Waaqi’ah.dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui macam-macam huruf athaf serta makna-makna yang ada dalam surat Al-Waaqi’ah
Adapun metode yang digunakan penulis adalah, metode kualitatif deskriptif-analisis, yaitu dengan mengumpulkan data-data yaitu dengan metode dokumentasi yang berupa catatan, transkrip, buku-buku atau kitab-kitab dan lain-lain. Sumber data yang digunakan adalah Al-qur’an dan buku-buku atau kitab-kitab yang berhubungan dengan judul ini.
Dengan pembahasan tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa didalam surat Al-Waaqi’ah terdapat 65 ayat dan ada beberapa ayat yang terdapat huruf athaf yang lebih dari satu, dan dalam analisisnya yang paling banyak dijumpai adalah huruf athaf berkesinambungan) dan huruf athaf (wawu/واو ) yang bermakana (مطلق الجمع /terdapat dalam satu ayat antara ma’tuf dan ma’tuf alaihnya) dan bermkana (ترتيب كثير / datangnya berurutan ayatnya antara ma’tuf dan ma’tuf alaih).huruf athaf (الفاء /fa’) yang bermakna (ترتيب ولاتعقيبا /berurutan tetapi tidak.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Haris Shofiyuddin
Uncontrolled Keywords: Huruf Athaf; Nahwu; Tata Bahasa Arab; Surah Al Waaqi'ah
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2015 01:46
Last Modified: 13 Feb 2015 01:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/755

Actions (login required)

View Item View Item