PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI TENTANG TATA CARA SHOLAT BERJAMAAH PADA MATA PELAJARAN FIQIH MELALUI MEDIA WORD SQUARE DI KELAS II MI MUHAMMADIYAH 19 PACIRAN LAMONGAN

Tsani, Novi Hikmatus (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI TENTANG TATA CARA SHOLAT BERJAMAAH PADA MATA PELAJARAN FIQIH MELALUI MEDIA WORD SQUARE DI KELAS II MI MUHAMMADIYAH 19 PACIRAN LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran Fiqih materi tata cara sholat berjamaah di kelas II MI Muhammadiyah Paciran Lamongan. Dari 16 siswa ada sebanyak 5 siswa (30%) yang mendapat nilai yang tuntas, dan 11 siswa (70%) yang belum tuntas. Untuk meningkatkan pemahaman tersebut, peneliti menggunakan media word squre. Media ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui lembar kegiatan atau lembar kerja yang didalamnya berisi soal dan jawaban yang terdapat dalam kotak kata. Tujuan penelitian ini adalah Untuk: 1) Mengetahui penerapan media word square untuk meningkatkan pemahaman tentang materi tata cara sholat berjamaah di kelas II MI Muhammadiyah 19 Paciran Lamongan. 2) Mengetahui peningkatan pemahaman siswa tentang materi tata cara sholat berjamaah di kelas II MI Muhammadiyah 19 Paciran Lamongan melalui media word square. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model PTK Kurt Lewin. Subjek penelitian ini terdiri dari 16 siswa kelas II MI Muhammadiyah 19 Paciran Lamongan. Tindakan ini menggunakan dua siklus (siklus I dan siklus II). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, penilaian Tes tulis, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan media word squarepada mata pelajaran Fiqih dilakukan 2 siklus. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I 75 (cukup) dan meningkat pada siklus II 89,5 (baik). Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I 65 (cukup) dan meningkat pada siklus II 82,4 (baik). 2) peningkatan pemahaman siswa melalui media word square mampu meningkatkan pemahaman siswa. Pada siklus I rata-rata kelas 62,5 (cukup) dan siklus II meningkat menjadi 77,5 (baik). Peningkatan Prosentase ketuntasan belajar siswa siklus I diperoleh prosentase 43,75% (kurang)meningkat pada siklus II menjadi 87,5% (tinggi).

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Pemahaman; Media Word Square
Subjects: Ibadah
Pendidikan
Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Novi Hikmatus Tsani
Date Deposited: 11 Aug 2016 07:52
Last Modified: 11 Aug 2016 07:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7547

Actions (login required)

View Item View Item