PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA JAWA MATERI AKSARA JAWA MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS III MI AL HIKMAH GEMPOLMANIS SAMBENG LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Supiati, Supiati (2014) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA JAWA MATERI AKSARA JAWA MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS III MI AL HIKMAH GEMPOLMANIS SAMBENG LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan ini adalah kurangnya motivasi belajar siswa yag timbul dari dalam maupun luar diri siswa. Hal ini terlihat ketika proses pembelajaran berlangsung, yakni siswa sering ramai sendiri, terkadang ada juga yang bermain, makan dan tidak memperhatikan guru. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mengunakan media puzzle dalam proses pembelajaran bahasa jawa materi aksara jawa kelas III MI Al Hikmah Gempolmanis Sambeng Lamongan. Dalam penulisan ini terdapat rumusan masalah yang harus dibahas. Rumusan maslah tersebut yakni bagaimana penerapan media puzzle dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Jawa materi aksara jawa siswa kelas III MI Al Hikmah Gempolmnis Sambeng Lamongan dan bagaimana peningkatan motivasi belajar bahasa jawa pada materi aksara jawa siswa setelah menggunakan media puzzle. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan media puzzle dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa jawa materi aksara jawa di kelas III MI Al Hikmah Gempolmanis Sambeng Lamongan dan mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar Bahasa jawa materi aksara jawa setelah menggunakan media puzzle.
Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode kombinasi, yakni menggabungkan antara metode kualitatif dan metode kuantitatif. Model penulisan tindakan kelas yang digunakan dalam penulisan ini adalah model Kemis Tegart. Ada beberapa teknik yang digunakan dalam pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Data kualitatif digunakan penulis dianalisis deskriptif, sedangkan kuantitatif dianalisis menggunakan rata-rata prosentase.
Berdasarakan latar belakang diatas maka penulis melakukan tindakan menggunakan media puzzle. Media tersebut adalah alat yang digunkan penulis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data serta alat yang dugunakan penulis yang digunakan untuk mengukur tingkat motivasi adalah angket, lembar obsrvasi siswa dan guru serta dokumentasi selama proses belajar mengajar.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media puzzle berjalan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. (2) Adanya peningkatan motivasi belajar pada siswa kelas III MI Al Hikmah. Dengan bukti pada siklus I perolehan hasil observasi siswa 61% pada siklus II 88% meningkat 27%.Untuk perolehan hasil observasi guru pada siklus I 66% pada siklus II 90% meningkat 24%. Serta terbukti dengan hasil pencapaian indikator-indikator motivasi, yang mana hasil perhitungan angket pada siklus I 71%, terjadi kenaikan 19% sehingga pada siklus II memperoleh 90%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nadlir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Supiati, SupiatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Uncontrolled Keywords: Media Puzzle; Motivasi Belajar ; Bahasa Jawa; Aksara Jawa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2015 09:10
Last Modified: 12 Feb 2015 09:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/752

Actions (login required)

View Item View Item