KOLABORASI ANTARA GURU BIMBINGAN KONSELING DAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA JATI AGUNG WAGE SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurjannah, Siti (2014) KOLABORASI ANTARA GURU BIMBINGAN KONSELING DAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA JATI AGUNG WAGE SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (943kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan judul yang penulis teliti, maka tujuan utama yang akan dicapai adalah untuk, mengurangi kenakalan remaja, diharapkan mampu menciptakan budi pekerti baik, mencetak siswa-siswa SMP Jati Agung sebagai murid yang berkipribadian baik, melatih kedisiplinan siswa, tangguh serta bertanggung jawab, meningkatkan kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian diskriptif kualiatatif, yaitu sutau penelitian yang diusahakan untuk mengindra secara sitematis, beraktual dan akurat mengenai fakta yang ada sedangkan pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kualitatif yaitu proses penelitian yang menghasilkan data diskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang diamati.
Dalam penelitian ini penulis mengambarkan kepribadian siswa serta kolaborasi guru bimbingan konseling dan guru pendidikan agama islam dalam pembentukan kepribadian siswa dan hasil pembentukan kepribadian menjadikan siswa pribadi yang baik, disiplin, bertanggung jawab, beserta faktor penghambat dan faktor pendukung yang mempengaruhi pembentukan kepribadian siswa melalui kolaborasi guru bimbingan konseling dan guru pendidikan agama islam.
Berangkat dari analisa tersebut dapat kita ketahui bahwa hasil Kolaborasi antara Guru Bimbingan Konseling dan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Kepribadian Siswa di SMP Jati Agung terjalin sangat sinergi dan baik. mempunyai dampak yang cukup signifikan. Melalui kolaborasi guru bimbingan konseling dan guru pendidikan agama islam mampu merubah sifat, sikap yang menyimpang. Siswa-siswi dapat merubah kepribadiannya menjadi pribadi yang baik, yaitu lebih taggung jawab, disiplin, mampu berfikir realistis serta mampu mengontrol emosi dengan baik.
Adapun faktor pengahambat rata-rata dari hal minimnya sarana prasarana, dan jumlah siswa 185 orang sedangkan masih ditanggani dengan satu bimbingan konseling jadi kurang maksimal, maka dibantu oleh waka kesiswaan, sedangkan factor pendukung lebih pada faktor psikologisya seperti kemauan yang keras, kekompakan, dan menyelengarakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya itu membina akhlak dan mental siswa, sehingga menjadikan mereka pribadi yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Mahfudh Salahuddin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurjannah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Bimbingan Penyuluhan
Uncontrolled Keywords: Guru; Bimbingan Konseling; Pendidikan Agama Islam; Kepribadian Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2015 08:31
Last Modified: 12 Feb 2015 08:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/742

Actions (login required)

View Item View Item