PERANAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN RUNGKUT KIDUL I SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hernawati, Tutik (2000) PERANAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN RUNGKUT KIDUL I SURABAYA. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah yang menjadi kajian dalam penulisan skripsi ini adalah: bagaimana penerapan menggunakan metode demostrasi dalam memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, adakah peranan menggunakan rnetode demonstasi dalam memotivasi belajar siswa, sejauhmana peranan metode demonstrasi dalam memotivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran pendidikan agama Islam itu. Adapun metode penelitian yang dipakai dalam penulisan skripsi ini yaitu dengan library research dan research lapangan, populasinya diambil dari seluruh siswa siswi SDN Rungkut Kidul I Surabaya yang berjumlah 474 anak, sampelnya diambil 25% sehingga jumlahnya sekitar 120 anak, teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan angket, sedang analisis datanya dengan menggunakan rumus chi kwadrat dan menggunakan rumus koefesiens kontingensi. Penelitian ini memberikan suatu kesimpulan bahwa: (1) berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui mengenai tanggapan para siswa terhadap Penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, mereka senang sekali karena dengan adanya cara atau metode itu siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh seorang guru dapat diterima dengan jelas dan bersifat terperinci dan apabila ada permasalahan yang timbul dalam hati siswa terutama dalam memahami materi pendidikan agama Islam dapat langsung terjawab, sebab disertai langsung dengan prakteknya, dan itu sangat terkesan bagi siswa yang sulit untuk dilupakan- adapun untuk lebih memudahkan proses belajar tersebut guu dalam menjelaskan disertai dengan alat pendukung yang lain misalnya gambar-gambar diputarkan kaset atau video dan lain sebagainya. Sedangkan berdasarkan dari hasil penelitian mengenai motivasi belajar siswa dinilai cukup baik, karena dalam materi Pendidikan disertai dengan metode demonstrasi menjukkan adanya dorongan untuk belajar lebih giat, adapun untuk mengetahui ada atau tidaknya peranan antara metode demonstrasi dengan motivasi belajar siswa pada mata pelaiaran PAI yaitu dapat dibuktikan dengan rumus "chi-kuadraf, dengan diperoleh nilai 36,9O nilai ini menunjukkan adanya peranan antara metode demonstrasi dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI karena dalam tabel –Chi kuadrat pada taraf signifikansi 5% = 3,841 dan 1% = 6,635. Sedangkan nilai chi kuadrat 36,96 adalah lebih besar dari tabel, (3) sedangkan untuk mengetahui sejauhmana peranan metode demonstrasi tersebut terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam itu dapat kita lihat dari analisa data yang menghasilkan nilai 0,485 dan nilai tersebut sudah dapat dikatakan cukup mempunyai peranan antara keduanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Hamam Anshori
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hernawati, TutikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 283 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2016 02:17
Last Modified: 22 Jul 2016 02:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7356

Actions (login required)

View Item View Item