Pemanfaatan Pusat Sumber Belajar (PSB) dalam meningkatkan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Hikmah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indriyati, Herlina (2009) Pemanfaatan Pusat Sumber Belajar (PSB) dalam meningkatkan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Hikmah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Herlina Indriyati S_D01205119.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pusat Sumber Belajar merupakan salah satu sarana pembelajaran yang memberikan kontribusi sangat berarti dalam melakukan transfer ilmu pengetahuan kepada siswa. Khususnya untuk pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Melalui Pusat Sumber Belajar minat dan daya tangkap siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru bisa ditangkap secara cepat oleh siswa. Hal ini disebabkan pada saat menggunakan Pusat Sumber Belajar, siswa tidak mengalami kebosanan. Siswa menganggap bahwa pola belajar menggunakan Pusat Sumber Belajar terasa seperti belajar sambil bermain. Kondisi psikologis seperti inilah yang membantu terhadap daya serap siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi lebih cepat. Penelitian skripsi ini termasuk penelitian lapangan (field research) jenisnya penelitian populasi dengan pendekatan kualitatif. Untuk mendapatkan data menggunakan metode observasi, interview, angket, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul untuk mendapatkan kesimpulan, data-data lalu di analisis dengan metode diskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi populasi dan sample penelitian ini adalah siswa-siswa Sekolah Menengah Pertama Al-Hikmah, penentuan populasi atau sample dengan teknik pusposive sample. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama Al-Hikmah telah memanfaatkan Pusat sumber Belajar (PSB) adapun Pusat Sumber Belajarnya berupa perpustakaan, yang di dalamnya dilengkapi oleh sumber belajar yang berbasis teknologi seperti penggunaan OHP, proyektor, VCD, LCD, komputer, dan internet serta sumber belajar yang berupa media cetak seperti buku, majalah, dan surat kabar. Prosedur pelaksanaannya adalah dengan pembelajaran learning activity dan peningkatan proses pembelajaran PAI sangat signifikan. Dalam artian anak lebih aktif, kreatif, dan suasana lebih menyenangkan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indriyati, HerlinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Sumber Belajar
Uncontrolled Keywords: Sumber Belajar; Pendidikan Islam; Proses Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2009
Last Modified: 01 Jul 2019 02:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7344

Actions (login required)

View Item View Item